Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2019 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Tambora Masih Aman

Faruk Nickyrawi
detikTravel
1

Kebakaran akibat Percikan Api Lahan Petani

Halaman 2 dari 2

Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)

Deny juga menyebutkan bahwa kebakaran hutan di kawasan Gunung Tambora diduga kuat terjadi karena percikan api dari aktivitas masyarakat yang membersihkan lahan pertanian.

"Motif terbakar itu terjadi karena kemarau panjang dan didukung melimpahnya bahan bakar berupa savana yang mengering, daun di lantai hutan dan dipicu oleh api yang tertiup angin akibat aktivitas masyarakat membersihkan lahan di sekitar Taman," ucapnya.

Deny juga menyebut, hembusan angin kencang dan kondisi cuaca panas yang sedang melanda turut membuat kebakaran cepat meluas di kawasan tersebut. "Kebakaran tersebut lebih cepat meluas karena faktor angin yang cukup kencang di areal savana yang terbuka."


Seperti diberitakan sebelumnya, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang bisa saja terjadi setiap saat, petugas TN Masyarakat Mitra Polhut, Masyarakat Peduli Api, dan TNI Polri juga sudah terus bersiaga di lokasi kawasan.

"Petugas BTN Tambora dan masyarakat peduli api dan masyarakat mitra Polhut selalu standby di lapangan lengkap dengan sarana pemadaman Karhutla," ungkap Kepala BTN Tambora, Murlan Dameria Pane, Selasa (08/10/2019).

(krs/msl)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA