Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Okt 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Penelitian Jejak Manusia Purba di Gua Lawa Lanjut Tahun 2020

Gua Lawa Ponorogo (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Gua Lawa Ponorogo (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo - Penelitian yang dilakukan oleh Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Jakarta di Gua Lawa, Desa/Kecamatan Sampung telah dihentikan. Apa penyebabnya?

"Karena dana yang minim, sehingga kami harus menghentikan penelitian," tutur Koordinator Peneliti Djatmiko kepada detikcom, Selasa (15/10/2019).

Menurutnya, penelitian akan dilanjutkan tahun 2020 mendatang. Sesuai janji dari Pemkab Ponorogo serta pejabat Balitbang asal Sampung, mereka ingin penelitian ini dirampungkan.




"Janjinya seperti itu, harus tuntas. Minimal jangka 5 tahun waktu untuk menyelesaikannya," terang dia.

Selain dana yang kurang, Djatmiko juga mengeluhkan kurangnya peneliti arkeologi dari multidisiplin. Sehingga penemuan tidak bisa segera diidentifikasi di lokasi melainkan harus dianalisis di kantor pusat, Jakarta.

Penelitian di Gua Lawa Sampung Bakal Dilanjutkan Tahun 2020Foto: Charolin Pebrianti/detikcom



"Selain itu, Ponorogo juga belum punya laboratorium dan museum untuk penelitian. Sehingga kami membawa temuan ke Badan Arkeologi Yogyakarta untuk selanjutnya dibawa ke Pusat Penelitian Arkeologi Nasional di Jakarta," paparnya.

Djatmiko menambahkan artefak baik dari tulang maupun batu ini rawan rusak. Sehingga butuh perawatan ekstra. Jika ke depan Ponorogo punya museum dan laboratorium sendiri, seluruh hasil penemuan di Gua Lawa bakal dikembalikan ke Ponorogo.

"Karena ini nanti bisa jadi ikon Ponorogo, selain reog. Kalau di sini telah ditemukan industri tulang dari manusia prasejarah Ras Australomelanesid," pungkas dia.




Simak Video "Unik dan Keren! Fashion Show Batik di Dalam Gua"
[Gambas:Video 20detik]
(/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA