Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Okt 2019 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Bandara Bisa 'Delay'..

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Johanes Randy Prakoso/detikcom
Foto: Johanes Randy Prakoso/detikcom
Sorong - Pesawat delay sudah biasa, tapi bagaimana kalau bandara yang delay? Hal ini bisa saja terjadi, seperti di bandara bagian Timur Indonesia.

Mendapati bandara delay mungkin jadi sebuah pengalaman yang cukup unik. Hal itu pun dialami oleh detikcom ketika mengejar penerbangan pagi dari Bandar Udara Domine Eduard Osok Sorong, Senin (21/10/2019) pagi waktu setempat.

Secara jadwal, detikcom mendapat penerbangan pagi pukul 06.30 WITa dengan maskapai AirAsia tujuan Jakarta direct atau langsung. Tak mau terlambat, detikcom bertolak dari hotel pukul 05.30 dan tiba di bandara sekitar pukul 05.45 WITa. Cukup mepet, bahkan kurang satu jam sebelum waktu boarding dari yang seharusnya.




Pagi tadi, cuaca pun sedang hujan gerimis. Akses masuk ke bandara pun masih tutup, tapi akses keluar sudah terbuka. Driver pun membawa kami masuk lewat pintu keluar. "Saya sudah sering bawa tamu, bandara paling buka jam 06.00 WITa. Apalagi sekarang hujan," ujar driver hotel.

Tiba di bandara, akses masuk menuju area dalam bandara pun masih kondusif. Haya ketika detikcom mendekat ke area antrean, ternyata masih ada tanda pembatas bertuliskan batas pengantaran melintang. Ternyata, bandaranya masih tutup...

Tampak pula sejumlah turis asing hingga wisatawan lokal yang telah berdiri mengantre di depan batas antrean. Tak sedikit juga yang dibuat bingung mendapati situasi ini, khususnya turis asing.




Penasaran, detikcom pun bertanya pada Avsec bandara yang tengah berjaga di lokasi luar bandara. Penasaran, apakah bandara ini beroperasi 24 jam layaknya bandara lain. "Tidak, bandara buka pukul 06.00 WITa. Sekarang ada AirAsia (berangkat), paling pagi pukul 06.08 WITa," ujarnya.

Benar saja. Ketika jarum jam menunjukkan pukul 06.00 kurang lima menit, tanda pembatas disingkirkan dan penumpang pun mulai menyemut masuk. Otomatis, massa yang tadinya ramai mulai membuat antrean di depan mesin pengecekan bandara dan area check-in maskapai.

Tak hanya bandara yang dibuat delay, pesawat AirAsia yang saya tumpangi pun jadi mundur sedikit dari jadwal, yakni pukul 06.40 WITa sesuai waktu panggilan boarding. Tiap bandara memang punya aturan masing-masing, dan yang terpenting adalah ketersediaan informasi tanpa mengganggu kenyamanan penumpang.

Ketika Bandara Bisa Delay..Foto: Johanes Randy Prakoso/detikcom




Simak Video "Seperti Bintang Laut, Ini Penampakan Bandara Baru di China"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA