Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Okt 2019 22:35 WIB

TRAVEL NEWS

Tahukah Kamu, Hewan-hewan Ini Tidurnya Sebentar Banget

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi Gajah (iStock)
Ilustrasi Gajah (iStock)
Jakarta - Bagi sebagian hewan, tidur adalah proses penting yang bermanfaat bagi tubuh. Tapi tidak bagi 5 hewan ini. Tidurnya justru sebentar banget. Kok bisa?

Tidur adalah kegiatan yang biasa dilakukan ketika badan lelah dan ingin beristirahat. Tapi bagi hewan-hewan ini, tidur berjam-jam bukanlah sebuah opsi yang baik.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Senin (21/10/2019), inilah hewan-hewan tersebut:

1. Jerapah

Tahukah Kamu, Hewan-hewan Ini Tidurnya Sebentar Banget (Muhajir Arifin/detikcom)


Yang pertama, Jerapah. Jerapah diketahui tidur amat sebentar atau bahkan tidak tidur sama sekali. Rata-rata waktu tidurnya hanya 30 menit dalam sehari. Hingga tahun 1950, para peneliti percaya bahwa Jerapah tidak tidur seperti hewan lainnya.

Memiliki bentuk badan yang unik, dengan leher yang lebih panjang dibanding badannya, Jerapah kesulitan untuk berbaring dan bangun dengan cepat. Untuk itu, Jerapah menganggap tidur sebagai kegiatan yang menyusahkan.

2. Gajah

Gajah juga diketahui tidur sangat sebentar dalam sehari. Pola tidur Gajah di kebun binatang tentu berbeda dengan Gajah liar. Di penangkaran, Gajah bisa tidur 3-7 jam saat malam hari.

Tapi dii alam liar, Gajah hanya tidur 2 jam saja dalam sehari. Bahkan jika sedang bermigrasi mencari sumber air dan makanan, mereka bisa tidak tidur sampai 46 jam non stop.

Sebagai herbivor, Gajah lebih banyak menghabiskan waktu buat makan daripada untuk tidur atau beristirahat. Mereka bisa menghabiskan 18 jam dalam sehari hanya buat makan.

3. Rusa

Tahukah Kamu, Hewan-hewan Ini Tidurnya Sebentar Banget (Wisma Putra/detikTravel)


Rusa ternyata juga tidak biasa tidur lama-lama. Rata-rata, mereka hanya tidur selama 3-4 jam dalam sehari. Sebagai hewan yang sering diburu predator, tidur bukanlah opsi yang tepat bila si Rusa ingin tetap hidup.

Saat sedang tidur pun, Rusa selalu waspada. Jaga-jaga kalau ada bahaya predator mengancam. Saat ada ancaman, mereka akan langsung bangun dan menyalakan 'alarm' bagi kawanannya.

4. Burung Unta

Pernah lihat burung Unta tidur? Jika pernah, maka Anda termasuk salah satu yang beruntung. Karena sebenarnya, burung Unta akan selalu terjaga. Bahkan saat tidur, matanya terbuka.

Ya, dalam dunia binatang, dikenal istilah 'Slow Wave Sleep' alias SWS, dimana gelombang otak burung Unta berjalan lambat tapi kuat. Meski sedang tidur, tapi aslinya mereka tetap bangun dan waspada. Selain burung Unta, ada satu hewan lagi yang tidur dengan mata terjaga, yaitu Platypus.



5. Kuda

Tahukah Kamu, Hewan-hewan Ini Tidurnya Sebentar BangetFoto: Rachman Haryanto/detikcom

Terakhir, ada Kuda. Kuda hanya tidur selama 2 jam dalam sehari. Mereka bisa tidur dalam keadaan sedang berdiri atau berbaring. Waktu tidur yang minim sudah jadi insting bagi si Kuda untuk bertahan hidup.

Sama seperti Jerapah, Kuda juga bisa tidur dalam tempo waktu yang pendek-pendek. Cukup 15 menit saja tidur sebentar, tapi sebenarnya itu sudah cukup bagi si kuda. Karena yang terpenting bukan berapa lama waktu mereka tidur, tapi kualitas tidurnya.




Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA