Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Nov 2019 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

Kondisi Terkini JPO Sudirman yang Diyakini Anies Jadi Spot Selfie

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
JPO tanpa atap di Jalan Sudirman (Randy/detikcom)
JPO tanpa atap di Jalan Sudirman (Randy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman yang atapnya dicopot bakal jadi spot selfie. Nah, begini kondisi terkini JPO itu.

Hal itu disampaikan Anies dalam rapat Rapim Penataan PKL di Trotoar Thamrin-Sudirman dan Pusat Kuliner Thamrin pada 10 pada 23 Oktober 2019. Video rapat itu diunggah di akun YouTube Pemprov DKI.




Dalam rapat itu, Anies memerintahkan Dinas Bina Marga mencopot atap di JPO Sudirman yang menghubungkan antartrotoar. JPO itu tidak menghubungkan pejalan kaki ke halte TransJakarta.

"Apa yang terjadi kalau nanti dibuka? Itu tempat selfie paling sering karena pemandangan gedung di malam hari bagus sekali, sore, siang. Atapnya copot, itu langsung jadi space terbuka," kata Anies saat rapat.

Kondisi Terkini JPO Sudirman yang Diyakini Anies Bakal Jadi Spot SelfieTampak petugas yang tengah mengecat JPO Sudirman. (Randy/detikcom)

Tepat hari Selasa kemarin (5/11/2019), wacana pencopotan atap itu pun telah diwujudkan. Kini traveler yang melintasi Jalan Sudirman akan mendapati JPO di lokasi tersebut sudah tanpa atap. Lokasinya berada di antara Wisma Bumiputera dan Menara Astra, sekitar 300 meter dari Stasiun MRT terdekat.

Siang ini, Rabu (6/11), detikcom pun menyambangi JPO tanpa atap tersebut. Hanya berbeda dengan hari sebelumnya yang lebih lengang, hari ini tampak sejumlah petugas dari pihak Pemprov DKI Jakarta yang melakukan pengecatan di JPO tersebut.

Tampak sekitar kurang lebih enam petugas dengan seragam kuning yang melakukan aksi tersebut. Udara yang berbalut asap kendaraan tipis dan teriknya sinar manatahari tak menyurutkan para petugas melakukan aksinya.

Kondisi Terkini JPO Sudirman yang Diyakini Anies Bakal Jadi Spot SelfieBagian JPO Sudirman yang belum ditutup (Randy/detikcom)

Sambil mengecat, tampak juga para pejalan kaki yang lalu lalang di JPO Sudirman tersebut. Ada yang sesekali mengeluarkan kamera untuk memotret panorama sekitar, tapi tak sedikit juga yang buru-buru melintasi JPO itu untuk menyeberang.

Bekas tiang yang tadinya menjadi penghubung dengan atap pun masih jelas terlihat. Beberapa ada yang sudah ditutup, tapi masih ada juga yang dibiarkan menganga. Dari atas JPO, tampak jelas pemandangan di sisi kiri dan kanan Jalan Sudirman yang dibatasi oleh sekat pembatas seukuran pinggang orang dewasa.

Panorama dari JPO tanpa atapPanorama dari JPO Sudirman yang sudah tanpa atap (Randy/detikcom)

Hanya menurut Anies, dalam keterangan sebelumnya, pencopotan atap di JPO Sudirman tersebut dimaksudkan sebagai ruang publik untuk wisata melihat keindahan Jakarta. Secara khusus untuk selfie.

Lokasi JPO tanpa atap itu sendiri berada tepat di tengah jalan protokol yang didominasi oleh perkantoran di sisi kiri dan kanannya. Mayoritas orang yang lalu lalang di sana pun adalah orang yang berkantor di sekitaran JPO Sudirman.







Simak Video "Pro dan Kontra JPO Sudirman Tanpa Atap"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA