Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Nov 2019 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Jokowi Tak Targetkan Jumlah Kunjungan Turis, Wishnutama?

Wishnutama saat dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Andhika Prasetia/detikcom).
Wishnutama saat dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Saat dilantik menjadi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, Wishnutama tidak diberi target kunjungan turis oleh Presiden Jokowi. Mengapa?

Tanggal 23 Oktober 2019 kemarin, Wishnutama dilantik Presiden Jokowi sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. Saat pelantikan dan setelahnya, Presiden Jokowi tidak memberikan jumlah target kunjungan turis pada Wishnutama (begitu juga ke wakil menterinya, Angela Tanoesoedibjo).

Padahal menteri pariwisata sebelumnya pada periode pertama Presiden Jokowi, Arief Yahya diberikan target kunjungan turis. Saat itu, targetnya 20 juta turis di tahun 2019.

BACA JUGA: Wishnutama adalah Kejutan Penuh Harapan untuk Pariwisata

Ditemui detikcom dan Antara, Selasa (12/11/2019) malam di kantornya, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Wishnutama mengungkapkan lebih jauh hal tersebut. Dirinya menjelaskan, arahan Presiden Jokowi dalam 5 tahun ke depan adalah kualitas, bukan kuantitas.

"Arahan Pak Presiden adalah kualitas dari turis, yang mana itu akan berpengaruh pada devisa negara. Bukan lagi ke kuantitas," tegasnya.

WishnutamaWishnutama (dok Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif)

Dirinya memberikan contoh, lebih baik 10 turis datang tapi membawa uang miliaran rupiah. Dibanding, 100 turis datang hanya bawa uang ratusan juta rupiah.

"Saya lebih mau urus yang bawa duit banyak dong, karena buat devisa dan kesejahteraan masyarakat juga," kata Wishnutama.

BACA JUGA: Wishnutama Angkat Bicara soal Isu Bali Jadi Wisata Halal

Selain itu, Wishnutama juga fokus pada kelestarian lingkungan. Kalau mass tourism alias banyak turis yang datang, menurutnya akan lebih sulit menjaga sampah-sampah yang ditinggalkan.

"Masalah sampah saya sangat perhatikan. Saya nggak mau alam Indonesia rusak," ujarnya.

Soal angka devisa dari pariwisata, apakah sudah ada angka targetnya?

"Nah itu masih kita hitung, fokuskan, dan rumuskan dulu. Apa-apa saja nanti pintu masuk yang kuat, perkembangan Bali Baru, dan lain sebagainya," ucapnya.




Simak Video "Tak Hadiri Wisuda Putrinya karena Pelantikan, Wishnutama Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA