Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Nov 2019 07:17 WIB

TRAVEL NEWS

Rencana Liburan? Yuk Perpanjang Paspor di Mal Pelayanan Publik

Putu Intan
detikTravel
Perpanjang Paspor di Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta. (Foto: Putu Intan/detikcom)
Jakarta - Mendekati momen libur akhir tahun, mungkin ada yang sudah berencana jalan-jalan ke luar negeri? Ayo, cek dulu masa berlaku paspormu. Siapa tahu sudah mau habis masa berlakunya.

Nah, Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta bisa menjadi salah satu tempat opsi untuk memperpanjang paspor. Apa istimewanya? Sebut saja tempat yang nyaman, antrean tak seramai di kantor imigrasi lainnya, dan tak menguras waktu. Cocok sekali buat yang banyak beraktivitas di Jakarta.

Mal Pelayanan Publik ini sendiri terletak di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Tempat itu merupakan tempat pelayanan publik terpadu. Artinya, ada beberapa layanan dari kementerian dan lembaga di sini.

Rencana Liburan? Yuk Perpanjang Paspor di Mal Pelayanan PublikPerpanjang Paspor di Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta. (Foto: Putu Intan/detikcom)

Salah satu instansi yang membuka layanan adalah Direktorat Jenderal Imigrasi. Di sini, kamu bisa mengurus paspor saat masa berlakunya sudah habis setiap lima tahun sekali.

Pegawai Kantor Imigrasi di MPP, Sarah Meilita Indriani, menjelaskan bahwa pelayanan perpanjangan paspor di sana pada dasarnya sama dengan di tempat lain. Untuk penggantian paspor biasa dilayani 7 hari kerja sedangkan paspor elektronik dilayani 14 hari kerja. Biayanya pun sama, untuk papsor biasa dikenakan biaya Rp 350 ribu sedangkan paspor elektronik biayanya Rp 650 ribu.

Namun, di tempat ini masyarakat bisa lebih nyaman karena antreannya relatif tak sebanyak di Kantor Imigrasi lain.

"Di sini sehari kuota pemohonnya 48 per hari, jadi yang datang ke sini sekitar 40-an lah. Antreannya tidak seperti di Warung Buncit ya yang bisa sampai 400-an setiap hari," katanya.




Tujuan kantor imigrasi memberikan layanan di MPP ini, imbuh Sarah, adalah untuk mempermudah masyarakat.

"Untuk lebih mempermudah masyarakat. Misalnya mau mengurus paspor dan SIM, ke sini langsung bisa urus dua itu. Ya, ini layanan yang dibuat sama pemerintah agar kalau masyarakat mau mengurus paspor dan dokumen lain dalam hari yang sama pun bisa," katanya.

Selain itu, menurut pengamatan detikTravel, ruang tunggu di sini juga terlihat bersih, dilengkapi banyak bangku dan pendingin ruangan. Ada pojok baca dan tempat mengisi daya ponsel secara gratis.

Rencana Liburan? Yuk Perpanjang Paspor di Mal Pelayanan PublikPerpanjang Paspor di Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta. (Foto: Putu Intan/detikcom)

Oya, sebelum buru-buru datang ke sini ya, para pemohon perpanjangan paspor terlebih dulu harus sudah pegang nomor antrean. Permohonan dapat dilakukan lewat aplikasi Layanan Paspor Online yang bisa diunduh di App Store, Play Store, atau diakses melalui situs antrian.imigrasi.go.id. Di Layanan Paspor Online, para pemohon bisa coba memilih tanggal dan lokasi pengurusan paspor, termasuk salah satunya di MPP DKI Jakarta.

Lantas, seberapa asyik sih mengurus perpanjangan paspor di sini? Begini kata Yiska Salah satu pemohon yang ditemui di MPP DKI Jakarta.

"Cepat sih. Pakai aplikasi online dulu, terus kita pilih sesuai harinya yang ditentukan. Kita datang ke sini sesuai jamnya, terus sampai di sini dilayani, cepat semuanya," ujarnya.




Pemohon lain, Banjar, juga memberikan pendapat yang serupa. "Bagus imigrasi (pelayanannya). Informasi di internet juga sudah bagus, bahkan sudah ada aplikasi dari android. Ada notification juga di aplikasi jadi kita tahu kapan bisa diambil paspornya kalau sudah jadi," katanya.

Bagi kamu yang ingin mencoba layanan penggantian paspor di sini, bisa mengunjungi Lantai 3 MPP DKI. Layanan ini buka setiap Senin-Jumat mulai pukul 08.00-15.00 WIB.




Simak Video "Film-film Keren di Bioskop untuk Habiskan Liburan Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA