Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Nov 2019 20:46 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! Malioboro Sudah Jadi Kawasan Tanpa Rokok

Misericordias Domini
detikTravel
Catat! Malioboro Sudah Jadi Kawasan Tanpa Rokok. (Foto: Misericordias Domini/detikcom)
Catat! Malioboro Sudah Jadi Kawasan Tanpa Rokok. (Foto: Misericordias Domini/detikcom)
Yogayakarta - Mulai November 2019 Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok mulai diberlakukan di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Bagaimana proses penerapannya?

"Arahan untuk menertibkan sudah ada tetapi kita juga masih menunggu arahan dari atasan untuk tindakan lebih lanjut," ungkap Suradi, Danru Jogoboro, saat ditemui di kawasan Malioboro, Kamis (14/11/2019).




"Pedagang rokok juga sering kita halau untuk keluar dari kawasan Malioboro. Kawasan Malioboro juga sangat kompleks jadi banyak yang harus diurus ketika di lapangan. Tidak hanya fokus soal rokok saja," tuturnya.

Kendati peraturan telah diberlakukan, tapi relatif belum terlihat penerapan di lapangan. Dari pantauan deticom di sepanjang kawasan Malioboro, belum terdapat rambu-rambu larangan merokok ataupun teguran dari pihak berwenang. Masih banyak warga merokok dan membuang puntung rokok sembarangan di sekitar trotoar.

Wisatawan di MalioboroWisatawan di Malioboro (Misericordias Domini/detikcom)

"Sudah tau tentang adanya penerapan aturan itu. Tapi selama nggak ada teguran, saya masih tetap di sini," ujar seorang pedagang rokok eceran yang juga perokok aktif, Yadi (51).

"Sepanjang kawasan juga tidak ada rambu larangan," lanjutnya.

Rambu-rambu larangan merokok hanya terlihat di stiker kecil yang ada di kaca halte bus transjogja yang sudah ditempel sejak beberapa tahun lalu. Tetapi warna dan tulisannya sudah usang dimakan waktu sehingga tidak terlihat jelas lagi.




Malioboro merupakan kawasan wisata dengan pengunjung bukan hanya dari Yogya tetapi juga dari luar daerah. Belum banyak warga luar daerah yang tau akan adanya penerapan peraturan Pemkot ini.

Salah satu pengunjung Malioboro yang berasal dari Pangandaran, Iman, bahkan mengaku belum mengetahui bahwa Malioboro telah menjadi kawasan bebas rokok.

"Belum tahu ada aturan ini. Tidak ada rambu-rambu ataupun arahan dari pemandu wisata," katanya.

Paling tidak, sekarang ini sudah terdapat tempat khusus untuk merokok di Malioboro, yang mana dimiliki oleh sebuah mall di Malioboro dan bisa diakses masyarakat.





Simak Video "Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor, Seperti Ini Suasananya"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA