Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Nov 2019 17:11 WIB

TRAVEL NEWS

Candi di Dieng Ini Tak Lagi Tanpa Atap

Uje Hartono
detikTravel
Candi Sembadra di Dieng kini punya atap (Istimewa)
Candi Sembadra di Dieng kini punya atap (Istimewa)
Banjarnegara - Pemandangan Candi Sembadra di komplek wisata Candi Arjuna, Dieng tampak utuh. Potongan kayu yang digunakan saat pemugaran sudah dibersihkan.

Sejak era kolonial, bentuk Candi Sembadra terlihat tidak utuh di bagian atap . Atap candi tersebut hilang dua tingkat. Sedangkan di bagian didinding candi rusak.

Melihat kondisi tersebut, Candi Sembadra dilakukan pemugaran. Sebelumnya, Candi Puntadewa yang berada di komplek obyek wisata Candi Aruna juga dilakukan pemugaran pada tahun 2016 sampai 2017.

"Sebelumnya pemugaran pada Candi Puntadewa, kemudian dilanjutkan Candi Sembadra mulai 2018 sampai 2019," ujar Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto saat dihubungi detikcom, Senin (18/11/2019).

Potret candinya di zaman duluPotret candinya di zaman dulu (Istimewa)


Untuk Candi Sembadra, ada perbaikan di bagian atap setinggi dua meter. yakni tingkat dua dan tingkat tiga. Sebab sebelumnya, dua tingkat di bagian atap hilang sejak zaman kolonial Belanda.

"Sebelumnya hanya ada tingkat satu sedangkan tingkat dua dan tiga tidak ada. Dan sekarang sudah direstorasi untuk tingkat dua dan tiga," jelasnya.



Pemandangan candinya kiniPemandangan candinya kini (Istimewa)


Pengerjaan pemugaran dilakukan oleh tenaga khusus dari BPCB Jawa Tengah. Mengingat pengerjaan pemugaran candi tidak boleh sembarangan dan harus bisa dipertanggungjawabkan.

Aryadi menjelaskan, Candi Sembadra ini memiliki kunikan tersendiri dibanding candi lainnya di Dieng. Jika candi lainnya memiliki denah segi empat, Candi Sembadra satu-satunya candi di Dieng yang memiliki denah segi delapan.

"Candi Sembadra ini unik, karena memiliki denah segi delapan. Yang lainnya memiliki denah segi empat," terangnya.

Pemugaran atapnya yang sudah selesaiPemugaran atapnya yang sudah selesai (Istimewa)


Dengan selesainya pemugaran Candi Sembadra ini diharapkan mampu menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi saat ini, potongan kayu yang digunakan untuk pemugaran sudah dibersihkan.

"Obyek wisata komplek Candi Arjuna tampil baru. Di satu sisi Candi Sembadra tampil dengan bentuk baru, juga kayu-kayu yang sebelumnya sedikit menggangu pemandangan sekarang sudah dibersihkan," tuturnya.



Simak Video "Mencekam! Tornado Porak-porandakan Dataran Tinggi Dieng"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA