Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Nov 2019 23:19 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Hasil Uji Coba Penerbangan Rute Terpanjang Sedunia?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pesawat Qantas bernomor QF7879 (Foto: Qantas/CNN)

Qantas Berhasil Terbang di Rute Terpanjang Sedunia, Bagaimana Hasilnya?Foto: Qantas/CNN

3. Masih ada ruang untuk transit?

Beberapa maskapai lebih suka berhenti di suatu bandara. Di antaranya ada pula yang ingin turun di Bangkok atau Timur Tengah karena bandara di sana memiliki hotel transit, pusat kebugaran dan kolam renang.

Sejauh ini hanya Qatar yang punya rute terpanjang dengan kabin ekonomi. Singapore Airlines hanya memiliki kelas kabin bisnis dan ekonomi premium.

Dan jika Project Sunrise ada kelas ekonomi maka dimungkinkan adanya persinggahan di Singapura. Karena akan ada kursi yang lebih murah daripada melakukan 19 jam penerbangan nonstop.

4. Pentingnya langit yang bersahabat

Pesawat tak bisa bebas terbang di atas langit suatu negara. Tiap pesawat diharuskan memiliki izin melintas.

Perencanaan rute sangat penting agar penerbangan itu tetap menguntungkan. Dalam penerbangan QF7879, Qantas harus meminta izin khusus agar bisa melintas di jalur yang tidak biasa diambil pesawatnya, yakni dari Eropa barat, Polandia, Belarus, Kazakhstan, China, Filipina, dan Indonesia.

Agar mendapat izin terbang, pejabat maskapai harus datang langsung. Salah satu negara ada yang memberikan izin 36 jam sebelum keberangkatan.

Qantas pernah menerbangkan rute London-Sydney pada Juli 1989 dengan Boeing 747-400 dan membawa 23 orang. Dunia saat itu berbeda, karena masih ada Uni Soviet dan China yang tertutup. Mereka terbang di atas Yugoslavia, Turki, Oman, dan Sri Lanka.




5. Pentingnya keseimbangan

Penerbangan QF747-9 menggunakan Boeing Dreamliner baru, salah satu jet yang paling efisien di kelasnya, masih perlu mengurangi bobot kabin agar dapat melampaui batas operasionalnya. Artinya seluruh kelas ekonomi, 150 kursi di bagian belakang dibiarkan kosong, penumpang terkonsentrasi di tempat duduk premium.

Dengan bobot anya ada di bagian depan, ada lebih banyak hambatan dan mengurangi penghematan bahan bakar. Agar tetap aerodinamis, semua troli disimpan di belakang selama penerbangan London-Sydney.

6. Penerbangan jadi sangat efisien

Qantas mempertimbangkan tawaran rute komersial dari London dan New York ke Sydney, dan dapat membawa 50 penumpang dengan nyaman. Itu merupakan bukti efisiensi rekayasa pesawat modern.

Dua puluh tahun yang lalu, kabin pesawat harus dilucuti kecuali beberapa kursi dasar untuk meminimalkan berat. Tangki bahan bakarnya diisi ke titik paling tinggi dengan bahan bakar penerbangan khusus yang diimpor dari Eropa Timur.

Untuk menghemat BBM, pesawat ditarik ke landasan sebelum keberangkatan. Bandingkan dengan QF7879, tidak membutuhkan tangki bahan bakar penuh (membawa sekitar setengah BBM dari penerbangan 1989) dan furnitur kabinnya tetap ada sepenuhnya.

Di penerbangan ini konsumsi BBM dipangkas lebih jauh. Hasilnya saat mendarat di Sydney masih ada 6.300 kilogram BBM dan itu cukup untuk penerbangan satu jam 45 menit atau 15 menit lebih lama dari yang diharapkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA