Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Nov 2019 23:02 WIB

TRAVEL NEWS

Pemugaran Dua Anak Candi di Candi Sewu Selesai Tahun Ini

Achmad Syauqi
detikTravel
Pemugaran candi perwara di komplek Candi Sewu (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Pemugaran candi perwara di komplek Candi Sewu (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten - Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng sukses memugar dua candi perwara, atau anak candi, di komplek Candi Sewu, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Keduanya sudah memasuki tahap akhir dan selesai tahun ini.

"Sudah hampir 90 persen dan sudah masuk tahap akhir. Pekan depan kayu untuk pemugaran sudah bisa dilepas dan jadi," jelas pelaksana lapangan bidang teknis penggambaran dan pemetaan Unit Candi Sewu BPCB Jateng, Suyadi, saat ditemui detikcom, Rabu (20/11/2019) siang.

Menurut Suyadi, pemugaran dua candi perwara tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya dalam satu tahun tim hanya mampu memugar satu perwara.

Namun tahun ini berhasil memugar dua candi perwara di deret 1 nomor 19 sisi utara dan deret 1 nomor 26 di timur. Berhasil dipugarnya dua perwara itu akan melengkapi candi lain yang sudah dipugar sebelumnya.

Dengan demikian yang sudah berhasil dipugar yakni satu candi induk, empat candi apit dan 14 candi perwara di Candi Sewu. Sisanya akan dilanjutkan tahun 2020.

Tim Ahli Berhasil Pugar 2 Anak Candi di PrambananFoto: (Rudi Chandra/d'Traveler)

"Tahun depan rencananya dua lagi perwara. Satu di Candi Sewu dan satu di Candi Lumbung juga di komplek Candi Sewu," imbuhnya.

Penyelesaian dua candi perwara itu, kata Suyadi, bukan pekerjaan mudah. Awalnya tim ditawarkan kesanggupan menyelesaikan dua candi.

Sebab tim pencari batu menyatakan siap, akhirnya disanggupi. Untuk memugar dikerahkan 30 tenaga dan 20 juru pugar.

Target awal selesai akhir bulan Desember tetapi kemungkinan awal bulan Desember sudah selesai seluruhnya. Sehingga sebelum target sudah rampung.

Dalam memugar tim memang tidak menggunakan batu asli 100 persen. Sekitar 30 persen batu baru sebab untuk mencari batu aslinya sudah sangat sulit.

Tim Ahli Berhasil Pugar 2 Anak Candi di PrambananFoto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Hal itu karena Candi Sewu sejak dipugar tahun 1982 kondisi sudah runtuh tercerai-berai. Hanya separuh candi induk yang utuh.

Bagian Administrasi Umum Unit Candi Sewu BPCB Jateng, Darsono mengungkapkan keberhasilan itu tidak luput dari perencanaan dan persiapan awal yang matang. Perencanaan diawali dari persiapan batu-batu pengganti.

"Pencarian pasangan batu yang efektif sangat menentukan pemugaran. Selain itu kondisi dua perwara itu sebagian masih berdiri," terangnya.




Dengan selesainya dua perwara tahun ini maka jumlah candi perwara yang sudah dipugar sudah ada 16 unit. Jumlah itu baru sedikit dibandingkan jumlah total awal candi perwara sebanyak 240 unit.

Kepala Unit Candi Sewu BPCB Jateng, Deny Wahju Hidayat mengatakan pemugaran menggunakan cara manual. Anggaran pemugaran satu candi perwara sekitar Rp 700 juta.




Simak Video "Yang Istimewa dari Pemugaran Candi Perwara di Kompleks Candi Sewu"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA