Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Des 2019 21:50 WIB

TRAVEL NEWS

Bikin Terharu, Kisah Hiu Paus 'Minta Tolong' ke Manusia

Bonauli
detikTravel
Ilustrasi hiu paus (iStock)
Ilustrasi hiu paus (iStock)
Serawak - Hiu paus disebut sebagai hewan ramah dan cerdas. Nah, kisah yang terungkap lewat video viral ini pun mengungkap sisi itu. Sungguh menyentuh dan bikin terharu lho.

Sebuah video hiu paus viral di Twitter, Selasa (3/12/2019). Video unggahan @HelmiBai ini awalnya memunculkan sebuah kapal yang sedang berada di Perairan Serawak, Malaysia.


Saat itu awak kapal terlihat sedang memancing. Perlengkapan mereka terlihat di dalam video tersebut. Tiba-tiba, seekor hiu paus yang ukurannya tak terlalu besar datang mendekat ke sisi kapal. Dengan tenang, seisi kapal melihat apa yang hendak dilakukannya.


Saat hiu paus itu kian dekat ke kapal, para pemancing melihat ada seutas tali yang melilit di badan hewan tersebut. Kru kapal mengerti bahwa hiu paus ini sedang meminta pertolongan.

Dengan perlahan, seorang pemancing mengambil pengait untuk menarik hiu paus supaya lebih dekat ke kapal. Sementara seorang lagi berteriak minta ambilkan gunting. Sahutan lanjutan dilontarkan, kali ini berisikan ujaran bahwa gunting takkan kuasa memotong tali tersebut. Rupanya tali yang melilit si hiu paus cukup tebal.


Ketika dirasa sudah cukup dekat, pria yang membawa memegang pengait mengangkat tali sedikit agar menjauhi badan hiu paus. Seorang pria lagi memegang tali dan memotongnya dengan pisau besar yang tajam.

Dalam hitungan detik, tali tersebut lepas. Tali ditarik supaya benar-benar lepas dari badan hiu paus.

Tahu bahwa tali yang melilit sudah terlepas, hiu paus menjauh sedikit demi sedikit untuk memberi ruang gerak pada tubuh besarnya. Ia lalu sedikit mengangkat badan dan sirip; hiu paus ini seakan mengucapkan salam perpisahan.


Seisi kapal pun menyambut dengan mengucapkan 'bye-bye'. Setelah bisa bergerak bebas, hiu paus tersebut mengibaskan ekornya. Isyarat ini tampaknya bisa dimaknai sebagai tanda terima kasih.

Penyelamatan ini pun dilepas dengan rasa haru. Video yang baru diunggah dini hari tersebut sudah ditonton sampai ratusan ribu kali, di-like dan di-retweet puluhan ribu akun.

Kolom komentar banjir pujian dan ekspresi bahagia. Namun, walaupun hiu paus itu bisa diselamatkan oleh para awak kapal, ada pula yang menduga bahwa ulah manusia pula yang pada awalnya bikin hewan itu terjerat tali -- berkaitan dengan kebiasaan manusia buang sampah sembarangan.




Simak Video "Hiu Paus Ini Sampaikan Terima Kasih Setelah Ditolong Nelayan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA