Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Des 2019 12:55 WIB

TRAVEL NEWS

Mantap! Pencak Silat Masuk Daftar UNESCO

Bonauli
detikTravel
Foto: (UNESCO) Pencak silat masuk UNESCO
Foto: (UNESCO) Pencak silat masuk UNESCO
Jakarta - Kabar gembira diterima Indonesia. Beladiri dan kesenian pencak silat masuk dalam warisan budaya UNESCO. Mantap!

Pencak silat sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak dulu. Selain sebagai seni beladiri, pencak silat juga mengalir menjadi budaya seni Indonesia.

Pagi ini, Jumat (13/12/2019), akun twitter resmi UNESCO memberikan kabar gembira. Pencak silat diakui sebagai salah satu warisan dunia dari Indonesia.

Pencak silat masuk dalam kategori Warisan Budaya Tak Benda. Wih, cakep!

Pencak silat dianggap memiliki seluruh elemen yang membentuk warisan budaya tak benda. Pencak silat terdiri dari tradisi lisan; seni pertunjukan, ritual dan festival; kerajinan tradisional; pengetahuan dan praktik sosial serta kearifan lokal.



Pencak silat ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dalam sidang Ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, yang berlangsung di Bogota, Kolombia, 9-14 Desember 2019.

Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Prof. Surya Rosa Putra mengatakan pencak silat bukan hanya sekadar bela diri tetapi menjadi jalan hidup bagi para pelakunya.

Mirip-mirip dengan Ind

Mirip-mirip dengan Indonesia, Malaysia juga memasukkan silat dalam daftar UNESCO. Dua kesenian dan ilmu beladiri yang serupa ini sama-sama berada dalam kategori warisan budaya tak benda.




Simak Video "Pencak Silat Indonesia dan Silat Malaysia Masuk Daftar UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA