Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Des 2019 09:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Cara Dinpar Bantul Cegah Penumpukan Wisatawan di Parangtritis

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Pantai Parangtritis di Bantul (Pradito/detikcom)
Bantul - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul akan menggelar berbagai acara saat malam pergantian tahun. Hal itu untuk memecah kepadatan di Pantai Parangtritis.

"Sekitar 70 persen pengunjung masih menjadikan Parangtritis sebagai tujuan utama saat tahun baru," ujar Kasie Objek Destinasi Wisata Dinpar Kabupaten Bantul, Joko Wintolo ucapnya saat ditemui di Kantor Dinpar Kabupaten Bantul, Jumat (20/12/2019).

Menurutnya, dengan banyaknya wisatawan yang menjejali Parangtritis akan memicu kepadatan, bahkan mengganggu arus lalu lintas. Karena itu, pihaknya mengadakan event musik dan pesta kembang api di Pantai Parangkusumo.

"Terus ada juga konser musik dan (pelepasan) lampion di Pantai Gua Cemara. Tapi kalau yang di (pantai) Gua Cemara inisiatif pengelola sana," katanya.

Kasie Objek Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Joko Wintolo saat memberikan keterangan. Kasie Objek Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Joko Wintolo (Pradito/detikcom)
"Dan yang non pantai ada acara musik akustik di Gunung Wangi, Kemacetan Piyungan," imbuh Joko.


Menurut Joko, acara-acara tersebut bertujuan untuk memecah wisatawan yang memadati Pantai Parangtritis. Selain itu untuk mengenalkan tempat-tempat wisata lain yang ada di Kabupaten Bantul.

"Jadi event-event itu untuk memecah kepadatan (kerumunan wisatawan di Parangtritis)," katanya.

Joko menambahkan, untuk libur Nataru tahun ini Dinpar tidak mematok target tinggi dalam hal kunjungan wisata. Mengingat Dinpar telah melampaui target PAD dari sektor wisata.

"Target kunjungan libur Nataru ini 15 sampai 20 ribu orang, karena target (PAD) sudah tercapai," katanya.

Simak Video "Pangkas Pohon, Warga Bantul Tewas Tersengat Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA