Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Des 2019 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

Keseruan Bermain Ski di Trans Snow World Bintaro

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Traveler yang bermain ski di Trans Snow World BIntaro (Intan/detikcom)
Jakarta - Ski yang merupakan olahraga khas negara empat musim sekarang bisa kamu nikmati di Trans Snow World Bintaro. Begini keseruannya.

Trans Snow World Bintaro adalah taman rekreasi indoor berkonsep musim dingin ala Jepang. Di sini pengunjung bisa menikmati salju di ruangan bersuhu 8-14 derajat celcius.

Salah satu wahana permainan yang wajib dicoba pengunjung adalah ski. Dengan membayar sewa alat sebesar Rp 100 ribu, pengunjung sudah bisa bermain ski sepuasnya. Para pemandu juga siap siaga mengajari dan mengawasi saat pengunjung menjajal olahraga satu ini.

Detikcom juga berkesempatan untuk mencoba bermain ski. Nah, sebelum main ski ada beberapa peralatan yang harus kita kenakan. Yang pertama adalah sepatu khusus ski. Ukuran sepatu yang tersedia di sini berkisar antara 25-46.


Setelah pakai sepatu, saya dituntun menuju papan ski. Saya perlu dituntun karena sepatu ski ini berat bagi yang belum terbiasa. Kemudian, para pemandu dengan sigap membantu saya merapatkan sepatu pada papan ski. Tak lupa, sepatu dikencangkan pada bending, alat yang menjaga kaki tetap lurus pada papan ski.

Nah, kalau sudah, kita akan diberi tongkat ski yang gunanya membantu kita melaju di atas es. Tongkat ini juga berfungsi untuk membantu kita menjaga keseimbangan.

Teknik dasar dalam bermain ski adalah postur tubuh yang harus dicondongkan ke depan ketika kita melaju. Mengapa begitu? Salah satu pemandu, Sehan menjelaskan hal ini untuk menjaga keselamatan pemain ski.

"Badan condong ke depan supaya kalau kita bergerak, badan kita juga ke depan. Kalau jatuh juga biar ke depan karena kalau ke belakang itu lebih bahaya kena kepala bagian belakang," katanya.

Keseruan Bermain Ski di Trans Snow World Bintaro (Intan/detikcom)
Jika ingin melaju, papan ski harus diluruskan terlebih dahulu. Setelah itu tongkat ditancapkan dengen posisi dimiringkan ke belakang di samping papan ski bagian kanan dan kiri. Tongkat ini ditancapkan sejajar dengan jari kaki kita. Setelah itu tekuk lutut, condongkan badan ke depan, dorong tongkat ke belakang sehingga badan dan papan ski maju ke depan.

Kesan pertama saat mencoba adalah sulit. Pertama karena saya belum terbiasa dengan menggerakkan kaki di atas papan ski menggukan sepatu yang berat dan karena kondisi jalan bersalju yang licin. Saya juga sempat terjatuh ke tumpukan salju karena tidak bisa mengerem.

Ketika meluncur, kamu bisa mengerem dengan teknik memposisikan papan ski menjadi seperti huruf A, dimana bagian depan papan dipertemukan membentuk sudut lancip. Selain itu kamu juga bisa mencoba jalan pelan-pelan dengan bantuan tongkat ski.


Meskipun tak mudah, bermain ski ini menyenangkan apalagi kita sebagai penduduk negara tropis yang tak mengenal salju. Salah satu pengunjung yang juga mencoba ski ini membagikan perasaannya.

"Sulit dan menyenangkan cuma sayang area main skinya kurang besar, " ujar Agung.

Dari pengamatan detikcom, area bermain ski yang memang dibatasi pada area training centre untuk belajar ski dan meluncur sampai jarak tertentu. Hal ini karena di bagian bawah seluncuran banyak anak kecil yang sedang bermain salju dan papan seluncur.

Jika tertarik main ski ini tak perlu khawatir akan cidera karena pemandu dengan sigap membantu kita. Sebelum meluncur ke bawah, mereka juga mengajari kita teknik-teknik dasarnya.

"Kita harus memahami basic-basicnya dulu. Kalau engga, kita bakal jatuh terus, bahaya bisa kena pengunjung yang lain juga," tutup Sehan.

Semakin malam, kawasan Trans Snow World ini semakin dipadati pengunjung. Banyak dari mereka yang juga antusias belajar bermain ski. Kapan lagi, kan bisa main ski tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri?

Simak Video "Salju Turun di Trans Snow World Bintaro Mulai Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA