Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Des 2019 21:35 WIB

TRAVEL NEWS

Tahun Baruan di Ibu Kota? Jalan-jalan Naik TransJakarta Saja

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: (Tasya/detikcom)
Jakarta - Buat detikers yang berencana menghabiskan malam tahun baru di Jakarta tapi enggan dipusingkan urusan cari jalan atau parkiran kalau bawa kendaraan pribadi, naik TransJakarta saja. Apalagi malam Tahun Baruan kali ini jumlah armadanya disiapkan meningkat nyaris tiga kali lipat!

Menurut Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta Achmad Izzul, unit bus TransJakarta yang beroperasi 24 jam akan bertambah nyaris tiga kali lipat pada malam pergantian tahun nanti. Jika sebelumnya hanya 55 unit, kini menjadi 151 unit.

"Sebagaimana tren di kota kota metropolitan bahwa penggunaan angkutan masal ini menjadi keniscayaan bahwa di suatu tempat dimana di situ berkumpul semakin banyak masyarakat ini." katanya dalam acara konferensi pers di Ancol, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

"Kalau biasanya pada malam hari armada kita hanya berjumlah 55 unit, pada saat tahun baru ini armada kita kerahkan sampai 151 unit artinya kita siapkan hampir 3 kali lipat," kata Izzul.

Terkait itu, TransJakarta juga akan menyediakan layanan gratis menuju Ancol selama 24 jam pada malam perayaan Tahun Baru. Seperti diketahui, kawasan Ancol menjadi salah satu opsi populer untuk Tahun Baruan.

Terdapat 8 unit TransJakarta di halte yang terletak di pintu lapangan parkir C3 Kemayoran. Bus beroperasi mulai dari tanggal 31 Desember 2019 pukul 05.00 hingga tanggal 1 Januari 2020 pukul 23.59 dan memiliki kapasitas 60 orang dengan layanan kursi roda. TransJakarta juga akan membawa wisatawan menuju halte taman lumba-lumba yang berarea di pintu timur Ancol. Ini diharapkan mempermudah akses menuju lokasi, terlebih karena adanya rencana rekayasa lalu lintas.

"Dikarenakan ada rekayasa lalu lintas yang dilakukan untuk mengatur kepadatan menuju dan keluar Ancol, Dinas perhubungan Pemprov DKI Jakarta menugaskan TransJakarta untuk siapkan antar jemput berupa shuttle gratis dari jiExpo C3 ke pintu timur Ancol," ucapnya.

Selain shuttle Kemayoran, TransJakarta juga menyiapkan beberapa rute pendukung menuju JiExpo seperti rute 2C Balaikota-JiExpo yang telah beroperasi sejak tanggal 24 Desember 2019 lalu hanya dari pukul 05.00-22.00, pada tanggal 31 Desember, rute ini beroperasi selama 24 jam. Sedangkan rute PRJ1 Pulogadung-JiExpo dan PRJ3 PGC-JiExpo mulai beroperasi tanggal 31 Desember 2019.

"Namun untuk 3 rute pendukung tersebut tetap diberlakukan tarif normal dan masing-masing kita sediakan 3 armada," kata Izzul.

Nah, ketimbang Malam Tahun Baruan nanti bawa kendaraan pribadi lalu malah pusing cari jalan atau parkiran, mendingan jalan-jalan naik TransJakarta saja!




Simak Video "Jelang Tahun Baru, Masyarakat Mulai Merapat ke Monas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA