Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Des 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Kelakuan Turis Nakal di Bali Tahun Ini

Afif Farhan
detikTravel
1

Turis Cebok di Tempat Suci

Halaman 2 dari 5

(Rengga Sancaya/detikcom)

Pasangan turis dari Ceko sempat bikin heboh Bali. Mereka dinilai melecehkan pura di kawasan Monkey Forest Ubud karena 'cebok' dengan air suci dari pelinggih.

Adalah pasangan turis dari Ceko, Sabina Dolezalova dan Zdenek Slouka. Pasangan ini liburan ke pura di kawasan Monkey Forest Ubud, Minggu (11/8/2019).

Kronologinya, pasangan ini direkam sedang berpelukan membelakangi area tirta suci. Di tirta ada air suci yang mengalir dari pelinggih. Air suci ini biasanya digunakan untuk upacara.

Seseorang yang merekam video mereka berkata sesuatu dalam bahasa Ceko. Tiba-tiba saja Sabina membuka roknya dengan posisi menungging. Zdenek langsung mengambil air yang mengalir dari pelinggih dan 'menyebokkannya' ke bokong Sabina.

Sabina terkejut karena air yang dingin dan mereka tertawa karena hal itu. Setelah itu, video tersebut viral sampai diberitakan oleh Media Internasional, Fox News.

[Gambas:Instagram]



Melihat hal ini, warga Bali kesal bukan main. Senator DPD dapil Bali I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa protes keras atas kelakuan turis ini.

"Kalau visualisasi itu airnya mengucur dari pelinggih, itu sudah pelecehan, karena air-air itu digunakan untuk hal-hal yang bersikap suci. Jadi dipakai untuk upacara, ambil tirta istilahnya, bahkan orang Bali saja untuk beberapa tempat seperti itu tidak boleh digunakan untuk mandi, karena ada pura yang khusus diambil air sucinya ada yang digunakan untuk bersih, untuk badan," jelas Arya.

Arya juga menyoroti peristiwa itu terjadi karena keberadaan guide-guide ilegal. Dia pun berharap ada evaluasi terkait penertiban orang asing yang liburan tapi menyambi menjadi guide ilegal di Bali.

"Kurang ketatnya pengawasan guide-guide liar, karena banyak di Bali bule yang datang pakai visa turis nyambi jadi guide. Hal pelecehan pura tirta ini tidak akan terjadi kalau didampingi guide lokal, yang posting itu salah satu grup Rusia atau daerah sana, jadi saya rasa itu yang perlu dievaluasi visa on arrival dan penertiban orang asing yang tidak menggunakan pemandu," tuturnya.

Untuk meluruskan masalah ini, pasangan turis ini pun dipanggil. Pasangan turis tersebut meminta maaf dengan alasan tidak tahu kawasan pura adalah suci.

(Halaman selanjutnya, turis tendangan kungfu)

(aff/aff)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA