Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Des 2019 19:00 WIB

TRAVEL NEWS

Imbauan di Sejumlah Wilayah Indonesia soal Pesta Tahun Baru

Tim
detikTravel
Ilustrasi (iStock)
Jakarta - Pergantian tahun segera tiba. Buat yang mau tahun baruan, ada baiknya menyimak informasi ini karena sejumlah wilayah di Indonesia punya imbauan dan larangan terkait dengan pesta malam tahun baru.

Tahun baru identik dengan pesta kembang kembang api dan tiupan terompet. Tapi sejumlah wilayah di Indonesia mengeluarkan penyataan resmi berupa imbauan dan larangan kegiatan pesta tahun baru.

Bogor

Yang terdekat dari Jakarta adalah Kota Bogor. Bupati Bogor Ade Yasin mengeluarkan Surat Edaran (SE) berupa imbauan kepada masyarakat untuk menyambut tahun baru. Dia meminta masyarakat Kabupaten Bogor tak merayakan malam tahun baru 2020 dengan cara hura-hura.

Dalam SE Nomor 003.3/796-Kesbangpol imbauan tersebut dikeluarkan Ade Yasin untuk mendukung 'Karsa Bogor Berkeadaban'. Ada sebanyak empat poin imbauan yang disampaikannya Ade Yasin dalam SE yang ditandatanganinya.


Berikut empat imbauan dari Ade Yasin:

1. Tidak merayakan malam pergantian tahun baru dengan berlebihan (hura-hura) tidak bermanfaat serta perbuatan yang melanggar norma hukum dan agama;
2. Tidak menyalakan kembang api, petasan dan peniupan terompet serta konvoi kendaraan bermotor;
3. Memanfaatkan momentum pergantian tahun untuk meningkatkan ibadah, rasa keprihatinan atas bencana, kepedulian dan kepekaan sosial antarsesama;
4. Khusus untuk yang beragama Islam untuk meningkatkan sholat berjamaah, dzikir, istigosah dan muhasabah diri.

Riau

Gubernur Riau Syamsuar melarang warganya merayakan malam tahun baru 2020 termasuk meniupkan terompet. Larangan ini termuat dalam surat edaran (SE) yang ditujukan kepada jajaran pejabat Pemprov Riau, rektor di Riau, dan masyarakat.

SE bernomor 216/SE/2019 itu diteken Syamsuar pada 30 Desember 2019. Dalam surat edaran yang diterima detikcom, Selasa (31/12/2019), imbauan itu dikeluarkan Syamsuar atas dasar keprihatinan.


Berikut empat imbauan Syamsuar:

1. Tidak merayakan malam tahun baru dalam bentuk hiburan maupun menyalakan kembang api, petasan, dan penipuan terompet.

2. Dianjurkan kepada seluruh pemilik dan pengelola tempat hiburan untuk tidak membuka kegiatan pada malam pergantian tahun.

3. Mengisi malam tahun baru dengan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama masing-masing dan khususnya yang beragama Islam agar melaksanakan zikir istigosah dan doa keselamatan terhindar dari segala bencana.

Aceh

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengeluarkan imbauan perayaan tahun baru 2020 di Tanah Rencong. Warga dilarang menggelar pesta kembang api hingga membakar mercon.

Imbauan bernomor 003.2/22093 itu diteken Nova pada Rabu (18/12/2019) lalu. Ada empat poin yang tertuang di dalam imbauan.


1. Agar di malam pergantian Tahun Baru 1 Januari 2020 tidak melakukan perayaan seperti pesta kembang api, mercon/petasan, meniup terompet, balap-balapan kendaraan dan permainan/kegiatan lainnya yang tidak bermanfaat, bertentangan dengan Syariat Islam.

2. Tidak memperjualbelikan petasan/mercon, kembang api, terompet atau sejenisnya.

3. Memperkokoh kesatuan dan ketertiban di dalam kehidupan masyarakat.

4. Meningkatkan kepedulian dan menegakkan Syariat Islam dengan tidak melakukan berbagai kegiatan yang dilarang agama serta mmelanggar Peraturan Perundang-undangan dan Qanun Syariat Islam.

Polisi syariah serta Satpol PP Aceh akan dikerahkan untuk mengawal agar tidak ada perayaan pada saat detik-detik pergantian tahun.

Simak Video "Keren! Air Mancur Menari Meriahkan Perayaan Tahun Baru di Monas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA