Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Jan 2020 16:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ustaz Yusuf Mansur: Ibadah Paling Enak Itu Traveling

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Jakarta - Traveling alias jalan-jalan tak melulu soal senang-senang. Bagi Ustaz Yusuf Mansur, jalan-jalan juga adalah bagian dari ibadah.

Hadir dalam acara peluncuran Calender of Event (CoE) Majestic Banyuwangi Festival di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Rabu sore (8/1/2020), Ustaz Yusuf Mansur memberikan ceramah singkat sekaligus membuka acara dengan doa.

Dalam ceramahnya, Ustaz Yusuf Mansur sempat bercerita tentang hubungan antara jalan-jalan dan ibadah. Ia pun menjelaskan, bahwa hal itu bisa dilihat dalam Surat Al Mulk: ayat 15.

"Ibadah yang paling enak itu jalan-jalan. Allah itu sudah ciptakan bumi segitu hebatnya," ujar Ustaz Yusuf Mansur.



Ustaz Yusuf Mansur pun menganalogikan konsep jalan-jalan sebagai ibadah seperti perjalanan umroh yang kerap dilakukan umat Muslim ke Makkah dan Madinah.

"Saya bilang umroh pasti diganti, tapi pergi ke Banyuwangi juga pasti diganti sama Allah. Jadi ibadah yang paling enak itu jalan-jalan, karena diganti duitnya sama Allah," ujar Ustaz Yusuf Mansur.

Dalam momen tersebut, Ustaz Yusuf Mansur juga sempat berbagi pengalamannya saat merayakan momen Tahun Baru lalu di Banyuwangi bersama keluarganya. Ia dan keluarganya bahkan sampai kepincut untuk liburan lebih lama di Banyuwangi.

"Anak-anak sampai mertua saya bawa loh, sempai mau extend," pungkas Ustaz Yusuf Mansur.

Ustaz Yusuf Mansur: Ibadah Paling Enak Itu TravelingFoto: (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)


Dalam sambutan penutupnya, Ustaz Yusuf Mansur pun mendoakan agar pariwisata di Banyuwangi bisa terus berkembang jadi lebih baik dan mensejahterakan masyarakatnya.

"Mudah-mudahan Banyuwangi makin berlipat kunjungannya, bukan cuma di Indonesia tapi seluruh dunia," tutup Ustaz Yusuf Mansur.

Ceramah Ustaz Yusuf Mansur tersebut tentu melahirkan ruang diskusi perihal kebutuhan jalan-jalan dan hubungannya dalam konteks ibadah. Tentu di dalamnya termasuk aturan untuk bertamu ke tempat baru sekaligus menghargai kearifan budaya setempat.

Simak Video "Wirda Mansur Bantah Jadi Anak Dugem di London"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA