Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jan 2020 23:20 WIB

TRAVEL NEWS

Kasihan Koala...

Afif Farhan
detikTravel
Koala korban kebakaran hutan di Australia (Getty Image/Lisa Maree Williams)
Jakarta - Kebakaran hutan di Australia jadi duka dunia. Jutaan hektar hutan terbakar, masyarakat dievakuasi, dan koala si binatang menggemaskan itu banyak yang mati.

Dilansir detikcom dari ABC Australia, sudah lebih dari 5 juta hektar lahan yang terbakar sejak pertengahan tahun 2019 kemarin. Kebakaran hutan ini malah sudah berdampak ke kota-kota besar di Australia seperti Sydney, Melbourne, Brisbane, dan yang lain.

CNN menulis, Australia memang kerap kali dilanda kebakaran hutan. Itu disebabkan oleh suhu panas (heatwave) yang cukup ekstrem dan petir yang menyambar pepohonan sehingga menimbulkan titik api.



Kasihan KoalaKebakaran hutan di Australia (DW News)

Hingga kini, pemerintah Australia terus berusaha memadamkan api dengan New South Wales menjadi kawasan yang paling parah. Data secara keseluruhan, 1.500 lebih rumah terbakar, ratusan ribu orang telah dievakuasi, 24 orang meninggal dunia, dan 8 ribu koala mati.

Ya, koala. Bintang yang menggemaskan itu.

Kasihan KoalaKoala mati akibat terpanggang kebakaran hutan (Getty Image/Lisa Maree Williams)


Banyak foto-foto dan video penyelamatan koala beredar di media sosial. Banyak koala yang terpanggang api dan akhirnya mati.

Koala pun menjadi hewan yang rentan saat menghadapi kebakaran hutan. Sebab, koala bergerak dengan lamban tidak seperti hewan lainnya, kanguru misalnya yang bisa dengan cepat melompat melarikan diri dari kebakaran.

"Koala bergerak dengan lambat dan hidup di atas pohon. Itu membuat mereka dengan mudah terperangkap dalam hutan yang terbakar," kata pakar ekologi dari Universitas Sydney, Prof Chris Dickman.

Koala yang berhasil diselamatkanKoala yang berhasil diselamatkan (Getty Image/Lisa Maree Williams)



Chris menambahkan, apalagi koala jarang mengeluarkan suara. Sehingga misalnya ada tim pemadam kebakaran yang sedang memadamkan api, tidak tahu kalau ada koala di sekitarnya yang sedang terancam.

"Koala jantan hanya membuat suara selama musim kawin, selebihnya mereka adalah hewan yang pendiam," jelas Chris.

Populasi koala pun terancam akibat kebakaran hutan hebat di Australia. Beberapa organisasi penyelamatan satwa siap memberikan bantuan untuk mengobati yang terluka. Salah satunya dari San Diego Zoo Global asal AS.

Kasihan Koala(Getty Image/Lisa Maree Williams)


Simak Video "Remaja Autis di Australia Ditemukan Usai Hilang 2 Hari di Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA