Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Jan 2020 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Indonesia Makin Banyak Didatangi Turis

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi Denpasar Festival di Bali (Khoirur Riza/detikcom)
Jakarta - Dari tahun ke tahun, jumlah turis yang datang ke Indonesia kian meningkat. Hal itu pun tampak dari data jumlah kedatangan.

Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini, sektor pariwisata jadi salah satu yang diprioritaskan. Sejumlah destinasi wisata dibenahi, dengan harapan menarik turis global.

Menurut situs global Euromonitor Internasional seperti dilihat detikcom, Senin (13/1/2019), angka jumlah kedatangan turis asing ke Indonesia dari tahun ke tahun kian mengalami peningkatan. Faktanya, tiga kota besar Indonesia seperti Batam, Denpasar dan Jakarta kian didatangi turis dari tahun ke tahun.

Melihat data dari situs Euromonitor Internasional peringkat Batam, Denpasar dan Jakarta di daftar peringkat 100 destinasi top dunia kian meningkat. Laporan Euromonitor sendiri dilihat dari kedatangan turis di lebih dari 400 kota dengan durasi kunjungan setidaknya selama 24 jam.

BACA JUGA: Kota yang Terbanyak Dikunjungi Turis 2018, Denpasar Nomor Berapa?

Berdasarkan data tahun 2017-2018, Denpasar berada di peringkat nomor 33, Jakarta di peringkat 60 dan Batam di nomor 97. Sedangkan di tahun 2019, Denpasar naik ke peringkat 32 (8,5 juta kunjungan), Jakarta naik ke peringkat 57 (4,7 juta kunjungan) dan Batam di nomor 91 (2,8 juta kunjungan).

Walau tidak signifikan, tapi data jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia dari tahun ke tahun oleh Euromonitor Internasional terus menunjukkan trend yang positif. Jumlah kunjungan wisman itu diharap akan terus meningkat ke depannya.

BACA JUGA: Kota Paling Banyak Dikunjungi 2019, Denpasar-Jakarta di 100 Besar

Sedangkan menurut data BPS, Januari hingga November 2019 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 14,92 juta kunjungan atau naik 3,55% dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman periode yang sama tahun 2018 yang tercatat 14,40 juta kunjungan.



Simak Video "Antisipasi Virus Corona, 8 TKA China di Batam Jalani Observasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA