Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Pilot Sempat Gagal Turunkan Roda Saat Pesawat Mendarat

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Ilustrasi (Shinta Angriyana/detikTravel)
Sydney - Pilot sebuah pesawat di Australia sempat gagal menurunkan roda saat hendak mendarat. Untungnya, pesawat bisa mendarat sempurna di percobaan ketiga.

Pesawat Jetstar yang terbang dari Sydney menuju ke Ballina di Australia mengalami kejadian tak terduga. Sang pilot gagal untuk menurunkan roda pesawat saat hendak mendarat. Sang pilot sampai harus mencoba 3 kali sampai pesawat berhasil mendarat.

Dikumpulkan detikTravel, Selasa (14/1/2020), insiden pesawat dengan kode VH-VQ tersebut terjadi pada bulan Mei 2019, namun laporannya baru dirilis beberapa pekan lalu. Dalam laporan tersebut disebutkan sang pilot mengalami serangkaian 'distraksi' saat akan mendaratkan pesawat.

Awalnya, pesawat tersebut sudah hendak mendarat di Bandara Ballina. Tapi sang pilot gagal untuk menurunkan roda pesawat. Saat itu jarak antara pesawat dan landasan tinggal sekitar 4 km saja. Alarm tanda bahaya berbunyi berkali-kali dan kru pesawat telah menerima pemberitahuan untuk putar balik.


Akhirnya pesawat pun berputar ulang. Di percobaan kedua, muncul masalah lagi. Roda pesawat tidak keluar secara sempurna. Penyebabnya, sang pilot tidak mengikuti prosedur yang benar dan roda pesawat berada di posisi yang salah. Di percobaan ketiga, baru pesawat bisa mendarat dengan selamat.

Dalam laporan yang dirilis Badan Keamanan Udara Australia, disebutkan adanya kesalahan pilot dan kopilot dalam menurunkan roda pesawat saat hendak mendarat. Mereka melakukan kesalahan konfigurasi setting pada bagian Flap, tapi akhirnya bisa dikoreksi sehingga pesawat bisa mendarat dengan selamat.


Tidak ada korban cedera dalam insiden tersebut. Sementara itu, pihak Jetstar dilaporkan telah memberikan pelatihan tambahan bagi pilot dan semua kru yang berada di pesawat tersebut. Pilot terindikasi tak melakukan pendaratan sesuai dengan prosedur operasi standar.

"Kami melaporkan masalah tersebut ke ATSB dan melakukan penyelidikan internal, dengan pengingat yang diberikan kepada pilot kami tentang pentingnya mengikuti prosedur operasi standar," kata juru bicara JetStar.





Simak Video "2 Pesawat Australia Bertabrakan di Udara, Semua Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA