Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 17:06 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Salju Juga di Afghanistan, Tapi Tewaskan Ratusan Orang

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Salju di Pakistan (Associated Press)
Kabul - Turunnya salju di Arab Saudi ternyata juga terjadi di Afghanistan dan Pakistan. Tapi di kedua negara ini justru dilanda badai salju yang menewaskan ratusan orang.

Dilansir dari Associated Press (AP), Rabu (15/1/2020) badai salju, hujan, dan banjir bandang tengah melanda Afghanistan dan Pakistan. Cuaca buruk ini juga diperparah dengan longsoran salju yang pada Selasa lalu telah menewaskan lebih dari 130 orang, sebagaimana diwartakan AFP.

Di Pakistan, sebanyak 93 orang meninggal, 76 orang terluka, dan beberapa masih dinyatakan hilang. Sementara itu 39 nyawa melayang akibat cuaca buruk di Afghanistan.


Badai salju yang terjadi di kedua negara ini sampai memaksa pemerintah untuk menutup jalan raya. Selain itu, penduduk juga harus mengungsi dan sekolah diliburkan.

Ratusan Orang Tewas Akibat Badai Salju di Afghanistan dan PakistanFoto: Associated Press
Kashmir di Pakistan merupakan wilayah terparah yang dilanda badai salju ini. Badan Manajemen Bencana Pakistan melaporkan sebanyak 62 orang meninggal dan 10 orang dinyatakan hilang.

Bencana ini ditanggapi Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan melalui cuitan di twitter, "hujan salju parah dan tanah longsor di Azad Jammu dan Kashmir menyebabkan kesengsaraan dan kematian."

Selain Kashmir, daerah lain yang juga terkena dampak parah adalah Provinsi Balochistan. Cuaca buruk ini telah menewaskan 31 orang, dimana kebanyakan korban adalah perempuan dan anak-anak.


Sementara itu, sebanyak 300 rumah hancur di wilayah perbatasan Afghanistan akibat badai salju dan hujan lebat.

Merespon hal ini, juru bicara Badan Manajemen Bencana Alam Afghanistan, Ahmad Tamim Azimi mengatakan, "cuaca dingin sampai hujan salju dan hujan lebat telah dimulai dua minggu lalu yang menyebabkan kerusakan."

Ratusan Orang Tewas Akibat Badai Salju di Afghanistan dan PakistanFoto: Associated Press
Lebih lanjut ia juga mengatakan wilayah dengan dampak terparah ada di Kandahar, Helmand, Zabul, dan bagian barat Herat.

Dilaporkan AP, di ibu kota Afghanistan, Kabul, suhu udara telah mencapai minus 15 derajat celcius yang juga menyebabkan pengendara kesulitan mengemudi di jalanan yang tertutup salju.

Simak Video "Badai Salju Hantam Kanada!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA