Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jan 2020 22:40 WIB

TRAVEL NEWS

Magnet Jakarta ke Backpacker: Biaya Transport dan Atraksi Wisata

Kris Fathoni W
detikTravel
Ilustrasi TransJakarta, moda transportasi publik di Jakarta. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Jakarta masuk dalam daftar kota termurah di Asia buat backpacker. Ibu kota Indonesia ini bahkan nomor satu dalam hal biaya transportasi dan atraksi wisata.

Alpha Travel Insurance, agen asuransi perjalanan asal Inggris, merilis laporan berjudul "Backpacker Index - The Cheapest Cities To Visit In Asia". Isinya adalah paparan data kota-kota termurah di Asia.

Peringkat kota termurah di Asia ini ditentukan oleh biaya harian untuk menginap semalam di sebuah hostel, ongkos dua kali naik layanan moda transportasi umum, tiga kali makan, tarif satu tempat wisata (atraksi) lokal, dan tiga bir lokal dalam sehari.

Dalam daftar berisikan 31 kota tersebut, Indonesia menempatkan Jakarta dan Kuta, Bali yang masing-masing menempati peringkat ke-12 dan 17 secara berurutan. Ongkos harian di kedua kota itu berkisar antara Rp 348 ribu dan Rp 392 ribu.

Nah, Alpha Travel Insurance juga merinci biaya harian untuk masing-masing aspek. Jakarta disebutkan memiliki ongkos paling murah dalam hal transportasi dan atraksi wisata.

Magnet Jakarta ke Backpacker: Biaya Transport dan Atraksi WisataFoto: dok. Alpha Travel Insurance

Jakarta memiliki ongkos 0,39 pound sterling (Rp 7 ribu) untuk dua kali naik transportasi umum. Tampaknya ini mengacu pada dua kali naik TransJakarta (setelah keluar halte) yang masing-masing tarifnya adalah Rp 3.500.



Dalam konteks tersebut, Jakarta mengungguli New Delhi, India (0,44 pound sterling/sekitar Rp 7.800) dan Hong Kong (0,50 pound sterling/sekitar Rp 9 ribu).

Jakarta juga dicatat memiliki tarif atraksi wisata lokal paling murah di antara kota-kota Asia lainnya. Data ini mencatat satu atraksi wisata di Jakarta bisa ditebus dengan 0,55 pound sterling, yang dikonversikan dari Rp 10 ribu.

Magnet Jakarta ke Backpacker: Biaya Transport dan Atraksi WisataFoto: dok. Alpha Travel Insurance

Mengenai ongkos satu atraksi wisata lokal ini, kota Hanoi di Vietnam menempati peringkat kedua dengan 0,67 pound sterling (Rp 11.942) dan Pokhara, Nepal (0,68 pound sterling/sekitar Rp 12.200).

Magnet Jakarta ke Backpacker: Biaya Transport dan Atraksi WisataFoto: dok. Alpha Travel Insurance

Dengan kata lain, dapat pula dikatakan bahwa urusan transportasi dan atraksi wisata kota Jakarta merupakan magnet terkuat buat para turis atau wisatawan backpacker, yang lazimnya sangat sensitif harga, terutama dari mancanegara.




Simak Video "Tentang Perahu Eretan yang 'Sunat' Kemacetan Ibu Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA