Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Jan 2020 14:25 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Keraton Agung Sejagat Jadi 'Tempat Wisata'

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Purworejo - Baru-baru ini heboh soal Keraton Agung Sejagat, sampai-sampai polisi turun tangan. Namun kini, bekas bangunan keratonnya mencuri perhatian wisatawan.

Keberadaan Keraton Agung Sejagat (KAS) di Desa Pogung Juru Tengah, RT 03 RW 01, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat. Mengingat saat ini masih banyak masyarakat yang mendatangi lokasi tersebut.

Pantauan detikcom, puluhan warga memadati depan gerbang Keraton KAS yang masih terpasang garis polisi. Selain melihat kondisi Keraton tersebut, warga tampak berswafoto ria dengan background Keraton KAS.



Tak hanya itu, jalan menuju gerbang Keratin KAS masih dipenuhi para penjual makanan dan minuman. Sedangkan suasana di dalam Keraton tidak seramai di luar gerbang, tampak di dalam kompleks Keraton KAS masih berdiri bangunan dari 4 pasak kayu dan sebuah batu yang diduga prasasti Keraton KAS.

Saat Keraton Agung Sejagat Bikin Wisatawan PenasaranFoto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)


Salah satu pengunjung, Teguh Supriyadi (55), warga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo mengatakan, bahwa ia baru pertama kali datang ke Keraton milik Toto Santoso. Menurutnya, ia sengaja datang karena melihat tayangan di YouTube dan pemberitaan.

"Baru pertama kali ini, sengaja ke sini karena penasaran, soalnya lihat di YouTube dan di berita itu bangunan (Keraton KAS) luas dan megah," katanya saat ditemui di lokasi, Sabtu (18/1/2020).

"Tapi saya lihat kok malah semacam gudang, temboknya saja jelek tidak seperti bangunan Keraton," imbuh Teguh.

Saat Keraton Agung Sejagat Bikin Wisatawan PenasaranFoto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)


Kendati demikian, ia mengaku sudah berfoto ria dengan background Keraton KAS. Menurutnya, foto tersebut untuk kenang-kenangan sebelum bangunan Keraton itu hilang.

"Ini tadi saya sudah ambil beberapa foto, ya untuk kenang-kenangan saja," ucapnya sembari tertawa.

Saat Keraton Agung Sejagat Bikin Wisatawan PenasaranFoto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)




Pengunjung lainnya, Jarowi (57), warga Pujokusuman, Kota Yogyakarta mengungkapkan, bahwa ia sengaja datang ke Keraton KAS setelah mengunjungi saudaranya di Purworejo. Selain itu, ia ingin melihat Keraton yang dibangun oleh Toto.

"Saya hanya main ke saudara tadi dan mampir ke sini, karena dia (saudaranya) cerita kalau yang punya bangunan ini Toto," ucapnya.



Simak Video "Terungkap! Di Sini Seragam Keraton Agung Sejagat Dibuat"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA