Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jan 2020 16:22 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 4 Titik Kemeriahan Imlek 2020 di Jakarta

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Vihara di Petak 9 (Randy/ detikcom)
Jakarta -

Masyarakat etnis Tionghoa akan merayakan Imlek, Sabtu (25/1) besok. Selain di Pecinan, perayaan Imlek 2020 akan ada di sejumlah titik di Jakarta.

Hal itu pun diperjelas dalam press release yang dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta. Dilihat detikcom, Jumat (24/1/2020), ada empat titik utama yang akan jadi lokasi perayaan Tahun Baru Imlek di Jakarta. Di mana saja?

1. Petak 9

Sebagai kawasan Pecinan di Jakarta, nama Petak 9 tentunya selalu dituju oleh traveler yang ingin merasakan suasana Imlek. Dihuni oleh mayoritas etnis Tionghoa, perayaan Imlek di Petak 9 terasa begitu kental layaknya di negara asalnya.

Catat! Ini 4 Titik Kemeriahan Imlek di JakartaVihara di Petak 9 (msepthiana/d'Traveler)

Seperti yang sudah-sudah, di Petak 9 kamu bisa melihat langsung kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh saudara dari etnis Tionghoa. Hanya perlu diingat, jangan sampai wisata kamu mengganggu orang-orang yang beribadah ya.

Selain itu, keramaian di Petak 9 juga akan diramaikan oleh kegiatan bazaar hingga kuliner yang tentunya sarat nuansa Tionghoa.

2. Bundaran HI

Sering jadi titik keramaian warga Jakarta, Bundaran HI juga akan jadi salah satu spot terbaik untuk merayakan kemeriahan Imlek tahun ini. Pada momen CFD hari Minggu ini misalnya (26/1), akan ada acara Parade Imlek yang diramaikan oleh sejumlah komunitas.

Bergeser sedikit ke trotoar depan Hotel Grand Hyatt, akan hadir juga pertunjukan budaya khas Tionghoa seperti Liong hingga Tanjidor dan Gambang Keromong khas Betawi pada momen after office.

3. Stasiun MRT

Sebagai salah satu moda transportasi publik, sejumlah Stasiun MRT Jakarta yang dilalui publik juga ikut meriah dalam momen Imlek. Diketahui, akan ada instalasi seni di 4 stasiun MRT (Bundaran HI, Dukuh Atas, Blok M dan Lebak Bulus) yang berbeda satu sama lain.

4. Thamrin 10

Baru launching tahun lalu, kawasan ruang publik Thamrin 10 kembali menjadi salah satu titik keramaian untuk acara Imlek tahun ini. Akan hadir sejumlah festival bertema peranakan dan kuliner hingga barongsai dan wayang potehi.

Suasana Imlek di Thamrin 10Suasana Imlek di Thamrin 10 (Rahel/detikcom)

Tak hanya kegiatan bertema Imlek, akan ada juga acara movies screening hingga Stand Up Comedy. Acara pun akan semakin diramaikan oleh pertunjukan budaya dari komunitas Koko Cici hingga wushu. Oh iya, akan ada banyak spot Instagramable juga loh di Thamrin 10.

Dihubungi terpisah oleh detikcom, Jumat (24/1/2020), Kadispar DKI Jakarta, Ahmad Cucu Kurnia turut mendukung kemeriahan perayaan Imlek tahun ini. Tentunya tak kalah dengan kemeriahan Natal tahun lalu yang dihadirkan lewat 'Christmas Carol.'

"Mirip Christmas Carol kemarin, ada ornamen shio-shio. Lebih meriah, lebih tersebar. Kalau dulu kan Pecinan doang. Lebih membaur, jadi banyak yang nyumbang atas kesadaran mereka sendiri. Pemerintah cuma memfasilitasi tempat," ujar Cucu.

Lebih lanjut, kemeriahan momen Imlek di Jakarta akan diadakan secara berkelanjutan dari hari ini (24/1) hingga 9 Februari 2020 mendatang. Sejumlah komunitas seperti Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) hingga Perhimpunan Tionghoa-Indonesia pun turut dilibatkan di dalamnya.



Simak Video "Laris Manis Kue dan Pernak-pernik Khas Imlek di Pasar Atom Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA