Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Jan 2020 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Puncak Bangku 'Negeri di Atas Awan' Ciamis Diserbu Pengunjung

Dadang Hermansyah
detikTravel
Puncak Bangku di Ciamis ramai dikunjungi wisatawan saat libur Imlek. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Jakarta -

Setelah sempat viral di akhir tahun 2019, wisata Puncak Bangku yang menyuguhkan fenomena bak 'Negeri di Atas Awan' di Kabupaten Ciamis menjadi tujuan wisatawan luar daerah setiap momen liburan.

Seperti pada momen hari libur Imlek, Sabtu (25/1/2020). Sejak pagi, wisatawan lokal dari berbagai daerah terus berdatangan ke objek wisata yang baru terkenal ini. Letaknya berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Puncak Bangku 'Negeri di Atas Awan' Ciamis Diserbu PengunjungFoto: Dadang Hermansyah/detikcom

Namun sayangnya, hari ini para wisatawan belum beruntung karena fenomena bak Negeri di Atas Awan hanya sedikit terlihat. Meski begitu, wisatawan masih bisa menikmati panorama alam pegunungan yang hijau dan indah. Beberapa pengunjung menyempatkan selfie di sejumlah spot foto yang telah disediakan.

Puncak Bangku saat ini berbeda, sebelumnya lokasi ini cukup sepi pengunjung hanya ada 1 warung yang buka di lokasi itu. Kini setelah sempat viral, pedagang semakin ramai dan banyak pilihan untuk jajan.

"Saya dari Bandung sengaja ke Ciamis bersama keluarga, sekalian pulang ke rumah saudara sekaligus penasaran dengan Puncak Bangku ini. Tapi kali ini kurang beruntung awannya hanya ada sedikit, mungkin cuacanya sedang tidak bagus," ujar Andri salah seorang pengunjung asal Bandung di lokasi Puncak Bangku.

Puncak Bangku 'Negeri di Atas Awan' Ciamis Diserbu PengunjungFoto: Dadang Hermansyah/detikcom

Andri mengaku meski tak bisa melihat awan, ia cukup puas dengan pemandangan yang disajikan dari atas ketinggian ini. Ia bisa melihat matahari terbit dan merefresh mata dengan rimbunnya hutan pegunungan yang hijau.

"Kecewa tak bisa melihat fenomena Negeri di Atas Awan, tapi menyesal kesini? gak juga karena pemadangannya bagus. Menurut warga disini, itu kan tergantung cuaca. Kebetulan saja sekarang sedikit awannya," jelas Andri.

Pengunjung lainnya, asal Ciamis, Anisa Putri (19), menuturkan ia sudah beberapa kali ke Puncak Bangku. Ia juga sudah sempat menyaksikan beberapa kali fenomena bak 'Negeri di Atas Awan'. Liburan Imlek kali ini ia pun tak bosan memilih Puncak Bangku sebagai tujuan wisatanya.

Puncak Bangku 'Negeri di Atas Awan' Ciamis Diserbu PengunjungFoto: Dadang Hermansyah/detikcom

"Sepertinya tak ada bosannya menikmati pemandangan di sini. Ada awan atau tidak tetap enak dipandang, adem, indah. Masukannya buat pengelola supaya lebih ditata lagi lokasinya, diperbanyak tempat untuk bersantai, kalau berdiri terus lama-lama pegel," kata Anisa.

Menurut informasi dari warga setempat, fenomena bak Negeri di Atas Awan di Puncak Bangku ini dipengaruhi oleh cuaca sehari sebelumnya. Bila hujan dengan curah sedang atau gerimis, pada esok pagi nya awan atau kabut cukup tebal menimbulkan fenomena tersebut. Namun bila hujan sangat deras, kemungkinan fenomena itu muncul masih ada tapi awan yang nampak hanya sebagian.



Simak Video "Jalan-jalan ke Puncak Bangku, Menikmati Negeri di Atas Awan"
[Gambas:Video 20detik]
(/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA