Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Feb 2020 07:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pilot-pilot Khawatir Terbang ke China akibat Corona

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi Pilot
Foto: Ilustrasi pilot (iStock)
Los Angeles -

Serikat Pilot di Amerika Serikat meminta pihak maskapai menghentikan rute pesawat ke China. Itu karena ada virus Corona yang masih mewabah.

Serikat Pilot American Airlines, secara resmi menuntut pihak maskapai tempatnya bekerja untuk menghentikan rute pesawat ke China. Tuntutan ini terkait dengan mewabahnya virus Corona yang saat ini sudah merenggut lebih dari 200 nyawa.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Sabtu (1/2/2020), aksi Serikat Pilot ini dilakukan setelah World Health Organisation (WHO) menyatakan bahwa virus Corona sebagai situasi darurat kesehatan publik, seiring menyebarnya virus ini ke beberapa negara.

"Situasi terkini berhubungan dengan merebaknya virus Corona di China menyebabkan ancaman bagi penumpang dan kru pesawat yang pergi dari dan ke negara tersebut. Semua pilot berkewajiban menjadikan keamanan sebagai prioritas nomor satu," ujar Dennis Tajer, perwakilan Allied Pilots Association yang mewakili 15 ribu pilot American Airlines.


Sementara itu, di kesempatan terpisah, Ketua Serikat Pekerja Eric Ferguson malah merekomendasikan agar para pilot menolak penugasan ke China.

"Konsisten dengan tuntutan kami, saya menghimbau semua pilot agar menolak penerbangan antara Amerika Serikat dan China sampai waktu yang tidak ditentukan. Jika kami dijadwalkan, ditugaskan, atau ditugaskan ulang, tolaklah penugasan itu," tegas Eric.

Pihak American Airlines sudah mengetahui tentang adanya tuntutan para pekerjanya. Mereka akan berkoordinasi dengan pihak terkait guna mengakomodir tuntutan tersebut.

"Kami tahu tuntutan itu. Kami tengah berunding dengan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan otoritas kesehatan global untuk memastikan kami telah mengambil langkah pencegahan yang dibutuhkan untuk para pelanggan dan kru kami," demikian bunyi pernyataan dari American Airlines.


American Airlines sendiri sudah menunda penerbangan rute LA menuju ke Beijing dan Shanghai dari tanggal 9 Februari hingga 27 Maret. Namun, belum ada rencana untuk membatalkan penerbangan tambahan di rute tersebut.



Simak Video "Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Ponsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA