Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Feb 2020 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Kasus Suap, Tony Fernandes Mundur Sementara dari AirAsia

Kantor AirAsia digeledah, bos Tony Fernandes diselidiki terkait dugaan korupsi
Tony Fernandes (Foto: BBC Magazine)

Sebuah dokumen pengadilan di situs web SFO mengatakan EADS France SAS, yang kemudian berganti nama menjadi Airbus Group SAS, membayar US$50 juta sebagai sponsor untuk sebuah tim olahraga yang dimiliki oleh dua eksekutif AirAsia yang tidak disebutkan namanya.

Diidentifikasi sebagai pengambil keputusan utama di AirAsia dan AirAsia X, mereka diduga diberi hadiah dengan pesanan 180 pesawat dari Airbus. Investigator Inggris mengatakan AirAsia dan AirAsia X memesan 406 pesawat Airbus antara 2005 dan 2014. Sebanyak 180 di antaranya tidak dibayar dengan tepat dan bahkan ditawari pembayaran tidak layak.

"Pembayaran kepada tim olahraga dimaksudkan untuk mengamankan atau menghargai bantuan yang tidak pantas oleh mereka sehubungan dengan bisnis itu," kata dokumen itu.

Baik Kamarudin dan Fernandes membantah melakukan kesalahan dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa mereka tidak akan merugikan perusahaan. "Kami tidak akan merugikan perusahaan yang telah bangun dengan waktu sepanjang hidup dengan status global seperti saat ini," ujarnya.

AirAsia sebelumnya mengatakan tidak terlibat dengan investigasi Airbus SFO, juga tidak diberi kesempatan untuk memberikan informasi kepada kantor penyelidik penipuan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(ddn/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA