Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Feb 2020 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Batal ke China karena Virus Corona, Traveler Ini Kehilangan Uang Rp 438 Juta

Norwegian Cruise Lines
Foto: Ilustrasi Norwegian Cruise (Norwegian Cruise Lines)
Jakarta -

Untuk menghindari virus corona, penumpang membatalkan pelayaran mereka menuju China. Namun, pihak pelayaran tidak kunjung mengembalikan uang mereka.

Dilansir dari Fox News, Selasa (4/2/2020), keluarga Pue Morisson, yang telah membeli tiket pelayaran setahun lalu membatalkan perjalanan karena khawator dengan wabah virus corona. Mereka akan liburan menuju China dengan pemberhentian di Hong Kong.

Sudah batal liburan, uang yang sudah terlanjur dibayarkan untuk pelayaran itu tak bisa di-refund. Pihak pelayaran tidak bersedia mengembalikan uang penumpang.

Pue, kepala keluarga dari Hawai, mengatakan mereka membeli tiket untuk perjalanan Norwegian Cruise dari Costco pada Februari 2019. Setelah mendengar wabah virus corona, yang juga telah menyebabkan banyak maskapai dan pelayaran mengubah rute dan perjalanan ke China, dia mengatakan membatalkan perjalanannya.

Tapi Pue tidak bisa mendapatkan uangnya kembali. Setelah menghubungi Costco, mereka menyuruhnya berbicara dengan pihak pelayaran.

"(Pelayaran Norwegia) mengatakan,'kami memahami situasi' dan 'keselamatan adalah masalah No.1 kami' dan kami tidak akan membahayakan penumpang kami. Tetapi, intinya adalah jika Anda membatalkan, Anda akan kehilangan semua uang Anda,'" kata Pue.

Pue telah membayar US$D 4.000 (atau sekitar Rp 54,8 juta) per orang untuk satu kali perjalanan. Jika ditotal, biaya yang dikeluarkan untuk berlayar bersama keluarga itu mencapai USD 32.000 atau sekitar Rp 439, juta.

"Kami telah memesan kunjungan, kami telah memperbarui paket perjalanan. Ini liburan keluarga. Jadi kami akan pergi dengan penuh semangat," dia menjelaskan.

Menurut Pue, dia telah memperoleh asuransi perjalanan dari pelayaran Norwegia. Namun, mereka mengatakan itu tidak meng-cover epidemi (wabah virus corona).

"Dari pada menempatkan diri saya kepada semua kepusingan dan yang paling utama dari risiko terkena virus ini, saya hanya ingin dapat membatalkan pelayaran saya dan mendapat pengembalian uang saya. Itu saja yang saya minta. Saya pikir saya tidak banyak meminta dari apa yang telah terjadi. Dan ini semakin memburuk setiap harinya," tambah Pue.

Pihak Fox News telah menghubungi pihak pelayaran untuk berkomentar. Namun, tidak ada respons.

(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA