Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Feb 2020 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Lion Air Tepis Isu Penumpang Penerbangan Wuhan-Denpasar Kena Corona

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Lion Air, Batik Air dan Citilink
Foto: (Istimewa)
Jakarta -

Lion Air mengklarifikasi soal isu satu penumpang pesawat Lion Air rute Wuhan, China, ke Denpasar, Bali, terindikasi virus Corona. Lion Air menegaskan pihaknya telah mengecek seluruh penumpang dan kru pesawat begitu tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Lion Air memastikan tidak ada yang teridentifikasi Corona.

"Sehubungan dengan informasi yang berkembang terkait satu penumpang dari Wuhan yang dikabarkan terindikasi virus Corona, bahwa Lion Air menerima keterangan setelah seluruh awak pesawat dan penumpang dilakukan pemeriksaan, pengecekan oleh tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan/ KKP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dinyatakan tidak terindikasi (tidak memiliki tanda-tanda) terkena virus dimaksud," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro seperti dikutip dari detiknews, Kamis (13/1/2020).


Danang membenarkan ada pesawat Lion Air JT 2618 melayani penerbangan internasional dari Bandara Tianhe Wuhan di Distrik Huangpi, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (WUH), tujuan Denpasar melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS), pada Rabu (22/1).

Dia menegaskan penerbangan itu telah dioperasikan sesuai prosedur operasi standar, Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LJT berangkat dari Wuhan sesuai jadwal pada pukul 17.05 waktu setempat dan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 22.55 Wita.

"Penerbangan JT-2618 sudah dipersiapkan dengan baik, sebelum keberangkatan seluruh kru dan tamu menjalani pemeriksaan kesehatan berdasarkan ketentuan. Dalam penerbangan ini, Lion Air membawa dua pilot, satu kopilot, enam awak kabin, dua teknisi dan 188 tamu atau penumpang," katanya.

Danang menjelaskan, ketika pesawat berada di pelataran parkir bandara (apron), petugas teknisi bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menyemprotkan cairan multiguna pembunuh kuman. Hal tersebut sebagai upaya memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan udara kepada awak pesawat dan penumpang.

Danang menyebut, pada 22 Januari itu, pihaknya masih melayani tiga penerbangan dari Denpasar menuju Wuhan. Kemudian saat Jumat (24/1) dan Minggu (26/1), Lion Air kembali mengoperasikan pesawat namun hanya untuk menjemput kru di Wuhan dan tidak menerbangkan penumpang. Setelah itu, sejak Rabu (29/1), Lion Air menghentikan sementara penerbangan internasional Denpasar-Wuhan dan hingga kini penghentian operasi masih berlanjut.



Simak Video "Viral! Pramugara Lion Air Bantu dan Suapi Penumpang Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA