Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Feb 2020 11:46 WIB

TRAVEL NEWS

Bappenas: Geopark Run Dorong Wisata Domestik & Redam Corona

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Lari mundur banyak memberikan manfaat
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Ajang Geopark Run Series 2020 diharapkan mampu mendorong wisata domestik, sekaligus meredam kekhawatiran wisman akan virus Corona yang sedang mewabah.

Ketua Seknas Sustainable Development Goals (SDGs) Bappenas Amalia Widiyasanti menyebut ajang sport tourism seperti Geopark Run Series 2020 bisa jadi salah satu cara untuk menggenjot wisatawan domestik untuk menggantikan wisatawan mancanegara yang jumlahnya sedang turun akibat wabah virus Corona.

"Geopark Run bisa jadi salah satu upaya mendorong pariwisata domestik untuk menggantikan wisman yang sedang turun akibat wabah virus Corona," kata Amalia di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta, Kamis (27/2/2020).



Menurut kajian Bappenas, Geopark sendiri berperan dalam mendukung Sustainable Development Goals yang dicanangkan pemerintah, terutama di bidang pelestarian lingkungan. Geopark sendiri pemanfaatannya bisa dari segi ekonomi hingga sosial kemasyarakatan.

"Geopark adalah cara dan alat kita untuk menggaungkan SDGs ke masyarakat. Geopark tidak hanya berkaitan dengan daya tarik geologis dan keilmuan lainnya, tapi juga sangat terkait isu geografis, ekologi, tata ruang dan sosial keekonomian," imbuh Amalia.

Amalia pun mencontohkan Geopark Gunung Sewu yang regional income-nya jadi meningkat lebih tinggi sejak ditetapkan jadi kawasan Geopark. Investasi di sana pun meningkat pesat.

"Bagaimana kita mengoptimalkan geopark untuk memicu pertumbuhan ekonomi lokal. Kita dapat manfaatkan geopark untuk menggantikan wisatawan mancanegara dan meredam wabah virus Corona yang sudah mendunia," pungkas Amalia.




Simak Video "Dievakuasi Petugas, Pasien Corona di Mamuju Disemangati Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA