Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Mar 2020 20:50 WIB

TRAVEL NEWS

Dampak COVID-19, Pemda DIY Tunda Event & Beri Imbauan ke Tempat Wisata

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Jalan Malioboro di Yogyakarta.
Ilustrasi Jalan Malioboro di Yogyakarta (jetranirezadias/d'Traveler)
Yogyakarta -

Terkait virus Corona atau COVID-19, Pemda DIY memberikan edaran di sektor pariwisata. Yakni menghentikan sementara event dan beri imbauan ke tempat wisata.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY), dalam hal ini Dinas Pariwisata DIY mengambil langkah dalam mencegah penyebaran COVID-19. Langkah tersebut seperti menunda event besar hingga meminta semua tempat wisata memperhatikan kebersihan lingkungan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan, dinamika wabah COVID-19 yang merembet hingga Indonesia berlangsung dengan sangat cepat dalam minggu ini. Karena itu, mempedomani Instruksi Gubernur No. 2 /INSTR/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Penyebaran Virus Corona, pihaknya menunda pelaksanaan event di DIY.

"Melakukan penundaan aktivitas event besar yang berpotensi menjadi titik pertemuan banyak orang dalam jangka waktu dekat ini. Kami akan terus memonitor dan melihat dinamika dan perkembangan, serta intensif berkoordinasi dan mengacu pada Posko Terpadu Pencegahan dan Penanganan Pandemi COVID-9 di DIY," katanya melalui keterangan tertulis, Sabtu (14/3/2020).

Selain itu, Singgih meminta industri pariwisata, destinasi wisata, dan desa/kampung wisata untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19. Seperti halnya dengan meningkatkan kebersihan lingkungan serta menyediakan fasilitas cuci tangan untuk pengunjung.

"Meningkatkan kewaspadaan melalui peningkatan kebersihan lingkungan. Memastikan adanya fasilitas cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Serta memastikan pembersihan secara berkala pada fasilitas umum kepariwisataan," ucap Singgih.

Dampak COVID-19, Pemda DIY Tunda Event & Beri Imbauan ke Tempat WisataKepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo (Usman hadi/d'Traveler)

Tak hanya itu, Singgih juga mengimbau kepada para wisatawan untuk melakukan upaya preventif pencegahan COVID-19. Menurutnya, kesadaran masyarakat berperan penting dalam mencegah penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

"Mengimbau kepada wisatawan dan pelaku wisata untuk melakukan upaya preventif pencegahan. Jadi dimulai dari diri sendiri, untuk menjaga jarak aman dalam berkomunikasi, dan mengurangi kontak langsung (jabat tangan) dan penggunaan masker," ucapnya.

"Bagi yang sakit serta menutup/menggunakan tangan bagian dalam ketika batuk (sesuai standard Kementerian Kesehatan RI)," tutup Singgih.



Simak Video "Warga Yogyakarta Sulap Selokan Bau Jadi Detinasi Wisata"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA