Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mar 2020 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Gunung di Jateng yang Tutup Karena Corona

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
sindoro sumbing
Penutupan Gunung Sindoro karena Corona (Foto: Dok. sindorosumbingmountain/Instagram)
Jakarta -

Virus Corona bikin sederet gunung di Jawa Tengah menutup diri dari pendakian. Biasanya, gunung-gunung ini buka hampir sepanjang tahun.

Dihimpun detikcom, Gunung Andong yang mengumumkan pertama penutupan pendakian. Penutupan gunung ini dimulai per Minggu (15/3), sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Atas pertimbangan keselamatan jiwa adalah yang paling utama, maka dengan ini Pemdes Girirejo memerintahkan: menutup sementara waktu wisata pendakian, perkemahan sampai dengan masa tanggap darurat selesai," jelas pengelola Gunung Andong dalam sebuah pernyataan.

Gunung Merbabu mengambil langkah serupa. Semua tempat wisata di sana dan jalur pendakiannya ditutup untuk umum. Kembarannya, Gunung Merapi masih ditutup pendakiannya karena aktivitas vulkanik yang masih tinggi.

[Gambas:Instagram]

"Dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di tempat-tempat umum, seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu terhitung mulai tanggal 15 Maret 2020 pukul 18.00 WIB ditutup sementara sampai dengan 14 hari ke depan," jelas TN Merbabu dalam pernyataan resmi.

Lalu, Gunung Sindoro juga ditutup pendakiannya karena virus Corona. Belum diketahui berapa lama gunung ini ditutup, sementara kembarannya Gunung Sumbing masih ditutup sejak Januari lalu.

"Sindoro via Kledung tutup yak. Mengingat dan mempertimbangkan penularan virus covid 19. Sampai kapan? Sampai informasi selanjutnya. Sambil melihat perkembangan nasional dan internasional serta protokol resmi untuk penyedia dan penyelenggara wisata publik," jelas sindorosumbingmountain dalam sebuah unggahan di Instagram.

Gunung Prau juga masih tutup dari tanggal 6 Januari lalu hingga 3 April 2020. Meski ditutup, pengelolanya masih aktif memberi informasi wisata yang terdampak Corona.

Terakhir adalah Gunung Lawu. Gunung yang berada di Jawa Tengah dan puncak di Jawa Timur ini masih membuka pintunya bagi wisatawan. Belum ada pengumuman terkait antisipasi Corona dari pengelola.



Simak Video "Medan Terjal, Petugas Sulit Padamkan Kebakaran Hutan di Trenggalek"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA