Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Mar 2020 07:07 WIB

TRAVEL NEWS

Di Luar DKI Jakarta & Jateng, Ini Objek Wisata yang Ditutup

Tim detikcom
detikTravel
Gili Trawangan
Gili Trawangan di Lombok, NTB (Afif Farhan/detikTravel)
Jakarta -

Bukan hanya objek wisata di DKI Jakarta dan Jateng yang ditutup untuk mencegah penyebaran virus Corona. Daerah lain juga membuat kebijakan serupa, mana saja?

Setelah Pemprov DKI Jakarta, tak sedikit baik pihak pemprov lain maupun pemko dan pemkab yang berinisiatif menutup sejumlah tempat wisata untuk mencegah penularan virus Corona atau Covid-19.

Di DKI Jakarta, terdapat setidaknya 30 objek wisata yang telah ditutup sementara waktu demi keamanan publik. Begitu pun di Jawa Tengah, ada sekitar 40 objek wisata yang juga ditutup.

Hanya di luar DKI Jakarta dan Jawa Tengah, tak sedikit juga objek wisata lain yang ditutup di luar Jakarta. Dihimpun detikcom, Senin (16/3/2020), berikut beberapa di antaranya.

NTB

Pemerintah Provinsi NTB nampaknya sangat serius dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona di wilayahnya. Kini mereka sudah menutup pintu masuk untuk wisatawan di sejumlah gili untuk 14 hari ke depan. Antara lain:

1. Gili Trawangan
2. Gili Air
3. Gili Meno

"Kita juga sudah memperketat tempat-tempat yang memungkinkan untuk pintu masuk orang-orang. Tadinya kita satu-satu membedah, kalau di udara lebih gampang dikontrol. Tapi kita sementara selama dua pekan ini menutup mobilitas yang berasal ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air," ungkap Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah usai menggelar rapat terbatas dengan Forkompinda, Bupati dan Wali Kota se-NTB di kantor Gubernur Minggu (15/3/2020) sore.

Aceh

Mengikuti kebijakan Pemprov DKI Jakarta, Banda Aceh memutuskan menutup sejumlah objek wisata di Kota Gemilang untuk mencegah penyebaran virus Corona. Penutupan tersebut berlaku mulai hari ini.

"Sebagai upaya meminimalisir penyebaran wabah virus Corona atau Convid 19, untuk sementara waktu Pemko Banda Aceh melalui Dinas Pariwisata akan menutup sejumlah tempat aktivitas keramaian, tempat hiburan, dan objek/destinasi wisata," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dalam keterangannya, Senin (16/3/2020).

Dijelaskan oleh Wali Kota Aminullah Usman, setidaknya ada 3 objek wisata populer di Banda Aceh yang ditutup untuk mencegah virus Corona. Termasuk di dalamnya kawasan wisata bahari dan taman di Banda Aceh. Antara lain:

1. Museum Tsunami
2. Boat di atas rumah di Lampulo
3. PLTD Apung
4. Kawasan wisata bahari Banda Aceh
5. Taman-taman wisata di Banda Aceh

Tak hanya pihak Pemko Banda Aceh, Pemko Sabang juga mulai menutup pintu bagi turis asing yang ingin melancong di sana. Namun, wisatawan lokal masih dibolehkan liburan seperti biasa.

"Tamu atau wisatawan asing akan ditolak masuk ke Sabang sementara waktu ini, termasuk juga warga Sabang yang akan keluar negeri akan dilarang melakukan kunjungan," kata Kepala Bagian Umum dan Humas Sekretariat Daerah Kota Sabang, Bahrul Fikri, kepada wartawan, Senin (16/3)

Itulah sejumlah objek wisata di luar Pulau Jawa yang telah ditutup sementara waktu untuk menahan penyebaran virus Corona. Jumlahnya diprediksi akan terus meningkat.



Simak Video "Saat Jokowi Menengok Proyek Tol Pertama di Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA