Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Mar 2020 21:47 WIB

TRAVEL NEWS

Desa Terbersih Dunia di Bali Ditutup Sementara, Imbas Corona

Angga Riza
detikTravel
Desa Penglipuran di kawasan Bali merupakan salah satu desa terbersih di dunia. Desa ini dikukuhkan sebagai desa terbersih sejak tahun 2016. Yuk, lihat fotonya.
Desa Penglipuran Bali (Foto: Dikhy Sasra)
Bangli -

Untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Desa wisata Penglipuran, Bangli atau yang dikenal dengan desa terbersih di dunia tidak menerima kunjungan wisatawan untuk sementara.

"Kami dari pengelola wisata itu kan masyarakat banyak yang tidak mau menerima orang menginap termasuk melakukan atraksi kemudian disamping itu juga masyarakat lainya itu kan sangat khawatir dengan isu-isu memang sedang berkembang secara global. Akhirnya kami mengambil inisiatif melaporkan kepada Jero Bendesa Adat agar kita mengambil sikap karena yang statusnya pemilik dari desa pariwisata itu kan desa adat," kata Ketua Pengelola Desa Wisata Penglipuran I Nengah Moneng kepada detikcom saat dihubungi, Selasa (17/3/2020).

Keputusan ini diambil setelah pihak Desa Adat dan pengelola melakukan rapat. Keputusan untuk tidak menerima wisatawan ini dianggap merupakan langkah yang paling tepat.

"Kami kan pengelolanya, itu kami waktu membuka acara kami membuka kesempatan pertama untuk menyampaikan permasalahan, yang dibuka oleh Bendesa kami menyampaikan beberapa pilihan. Pilihan pertama tetap berjalan seperti biasa tetapi kami dari awal sudah menyiapkan semacam alat-alat untuk memproteksi petugas kami dari penyakit itu misalnya masker, hand sanitizer dan penyemprotan tapi beli nggak dapat-dapat jika tetap jalan kami sudah siapkan itu dan juga mengedukasi kepada petugas kami," jelas Nengah.

"Akhirnya pilihan kedua apakah ditutup kan gitu? Pilihan ketiga membuka terbatas, dari berbagai penjelasan akhirnya dengan rapat yang cukup alot diputuskan dipilih tidak menerima kunjungan wisatawan," tambah Nengah.

Penutupan Desa Panglipuran, Bali ini akan dimulai tanggal 18 Maret 2020 hingga 30 Maret 2020. Saat ini pengelola dan pihak Desa Adat sudah menerjunkan pecalang (Petugas keamanan desa adat di Bali) untuk berjaga.

"18 Maret sampai tanggal 30 Maret. Sekarang hanya ada pecalang yang berjaga," imbuh Nengah.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA