Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Mar 2020 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ngeri, di Bali Tingkat Hunian Hotel Nyaris 0!

Trio Hamdani
detikTravel
Petugas berjaga di kawasan wisata Pantai Pandawa yang ditutup sementara di Badung, Bali, Sabtu (21/3/2020). Pengelola sejumlah destinasi pariwisata di wilayah Kabupaten Badung seperti Pantai Pandawa, kawasan Garuda Wisnu Kencana, Hutan Kera Sangeh serta Taman Ayun mulai menghentikan operasionalnya sementara sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 atau Virus Corona. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan kebijakan yang dapat meringankan beban pekerja sektor pariwisata yang kehilangan sumber penghasilan akibat virus corona (Covid-19). Menurut Juru Bicara Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) dan Kemenko Marves Jodi Mahardi, pemerintah akan mencarikan lapangan pekerjaan baru kepada mereka yang sifatnya sementara, selagi menunggu sektor pariwisata pulih setelah corona mereda.

"Kita juga tengah menyiapkan program-program yang dapat memberikan lapangan pekerjaan baru selama down time di sektor pariwisata ini," kata dia dalam konferensi video kepada wartawan.

Lanjut dia, sektor pariwisata merupakan salah satu bidang usaha yang paling terkena dampak corona. Oleh karenanya hal itu menjadi fokus perhatian pemerintah, baik pusat maupun daerah.

"Presiden (Jokowi) dilaporkan oleh Gubernur Bali bahwa kondisi occupancy rate (tingkat hunian kamar hotel) hampir sekarang mencapai 0%," jelasnya.

Dengan kata lain pengusaha hotel yang mengandalkan sektor pariwisata nyaris tidak sepeserpun menerima pemasukan dari tamu hotel gara-gara wabah virus Corona. Mereka pun akhirnya merumahkan pekerjanya.

"Jadi arahan Presiden memang kita harus segera fokus mengalihkan anggaran untuk membantu para masyarakat yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung dari penurunan wisatawan ini," tambahnya.



Simak Video "Dievakuasi Petugas, Pasien Corona di Mamuju Disemangati Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA