Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Mar 2020 21:21 WIB

TRAVEL NEWS

Siapa Bisa Eja Nama Kota 58 Huruf Ini?

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Nama kota Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch, terpanjang di Eropa
Nama kota terpanjang di Eropa Foto: BBC
London -

Sebuah kota tua di Eropa memiliki nama yang sulit diucapkan, tak hanya oleh kita, tapi juga orang bule sana. Coba saja detikers sebut nama kota ini: Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwyllllantysiliogogogoch.

Mengutip CNN, Sabtu (28/3/2020), Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwyllllantysiliogogogoch merupakan nama kota terpanjang di Eropa. Nama kota terdiri dari 58 huruf. Yang unik ada 4 huruf L yang berdekatan di nama kota tersebut. Kota ini sudah berdiri sejak tahun 1860-an. Nama itu ternyata bukan nama asli kota, rupanya sengaja dipilih untuk menarik minat wisatawan agar mau mampir ke kota. Setidaknya itu yang ada di pikiran para pembesar kota.

[Gambas:Instagram]



Nama yang panjang itu merupakan gabungan dari istilah-istilah dalam bahasa Wales dan nama dari beberapa gedung landmark di kota tersebut. Tapi tenang saja, meski anda susah mengejanya, anda takkan dipaksa menyebutkannya.

Dari sisi geografi, kota ini terletak di sebelah utara Wales, dengan 76 persen populasi menggunakan bahasa Wales.

Sementara dari BBC disebutkan, kota ini pertama kali dikenal dengan nama yang lebih pendek Llanfair Pwllgwyngyll atau Llianfair PG. Namun sejak 1860-an atau pada abad ke-19 berkat strategi memperpanjang nama kota, malah berhasil menarik para pelancong untuk terus berdatangan dan berfoto di sebelah tanda stasiun kereta api.

LlanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogochLlanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch Foto: BBC

Tanda itu bukan satu-satunya gambar dari Llanfairpwll, atau Llanfair PG seperti yang disebut penduduk setempat. Stasiun kereta api itu sendiri dipugar agar terlihat seperti pada masa kejayaannya di zaman Victoria, dan toko James Pringle Weavers memamerkan dua mesin lokomotif uap buatan Wales serta aneka hadiah dan kerajinan tangan Welsh. Ayo simpan nama kota ini, mungkin nanti detikers tertarik mau datang ke sini setelah wabah Corona usai ya, mudah-mudahan.



Simak Video "12 Kasus Virus Corona di Australia, 3 Dinyatakan Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA