Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Mar 2020 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Keren! PO Bus Ini Libur Sementara Demi Cegah Corona

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Bus Wonogiri.
Ilustrasi bus (PO Sedya Mulya/Facebook)
Jakarta -

Di tengah pandemi corona ini, ternyata ada saja PO bus yang sampai meliburkan operasional demi keselamatan penumpang dan krunya. Patut ditiru oleh PO bus lain.

Walau Pemerintah telah mengeluarkan edaran untuk tidak mudik demi mencegah penularan virus corona atau COVID-19, tapi nyatanya tak sedikit PO bus yang tetap beroperasi demi mencari nafkah.

Hanya di tengah ketidakpastian, PO bus Sedya Mulya dengan jurusan ke Wonogiri mengambil langkah berbeda. Hal itu pun diketahui lewat edaran resmi dari pihak PO Sedya Mulya kepada para agen dan kru di Jakarta tertanggal 26 Maret 2020 seperti dilihat detikcom, Senin (30/3/2020).

Menyikapi kondisi terkini di DKI Jakarta, pihak pengelola PO Sedya Mulya pun meliburkan operasional busnya hingga 27 Maret lalu. Namun, kini penutupan sementara rute juga diperpanjang melihat kondisi yang belum kondusif.

"Libur operasional yang semula berakhir tanggal 27 Maret 2020 (dari Wonogiri) dan tanggal 28 Maret 2020 (dari Jakarta) maka diperpanjang sampai dengan waktu yang belum di tentukan. Jadwal operasional kembali akan diberitahukan 3 hari sebelumnya," bunyi surat edarannya.

Menurut pengelola PO Sedya Mulya, mereka mengimbau agar para agen dan kru terlebih dulu menjaga diri di tengah pandemi corona. Pasalnya, kesehatan adalah yang utama.

"Kami management PO Sedya Mulya mohon maaf atas keputusan ini karena kesehatan keluarga besar PO Sedya Mulya adalah yang utama bagi perusahaan kami," bunyi surat edaran.

Selama operasional diliburkan, pihak PO Sedya Mulya pun mengimbau krunya untuk mengurangi aktifitas di luar rumah termasuk berkumpul. Diimbau juga budaya bersih cuci tangan dan menyelaraskan usaha serta berdoa.

Dihubungi detikcom terpisah, agen PO Sedya Mulya yang berpusat di Wonogiri pun menegaskan kebenaran surat edaran tersebut. Dijelaskan, imbauan sudah diberikan jelang akhir Maret lalu.

"Betul, dari 22 Maret," ujar staff PO Sedya Mulya.

Hanya terkait waktu operasional kembali, pihak PO Sedya Mulya masih belum memberi tanggal pasti. Dijelaskan, mereka masih memantau kondisi terkini di lapangan.

"Belum tahu ya pak, kondisinya masih begini ya," tutup staf PO Sedya Mulya.

Tentu ini bisa menjadi contoh, bagaimana setiap komponen industri bersatu untuk melawan penyebaran virus corona di Indonesia. Semoga bisa ditiru oleh para PO bus lainnya.



Simak Video "Update Corona di Jakarta: 4.641 Positif, 711 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA