Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Apr 2020 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

2.500 Turis Gugat Pejabat Austria karena Wabah Corona di Resor Ski

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Resor Ski Austria
Foto: Restoran dan Bar di kota resor ski Austria, Ischgl (Getty Images)
Ischgl -

Sebuah resor ski di Austria menjadi penyebab wabah virus Corona semakin menyebar. Pasalnya, ribuan wisatawan terinfeksi setelah pulang dari wisata tersebut.

Seperti dilansir CNN Travel, Kamis (2/4/2020) pejabat Austria mendapat gugatan dari ribuan wisatawan setelah sebuah restoran dan bar populer di kota resor ski Austria, Ischgl, menyebabkan mereka terinfeksi virus Corona. Pihak berwenang di provinsi Tyrol dituduh bereaksi lambat terhadap tanda-tanda pertama dari wabah virus Corona, khususnya di Ischgl. Hal ini menjadi penyebab berkembangnya virus Corona di Eropa dan sekitarnya.

Asosiasi Perlindungan Konsumen Austria (VSV) mengatakan, pihak berwenang akan bertanggung jawab atas reaksi lambat yang dilakukan di awal pandemi. Lima hari pasca seruan, sekitar 2.500 orang mengajukan laporan kepada kantor kejaksaan umum di Innsbruck. Sekitar 80% di antaranya berasal dari Jerman.

Seperti cerita dari Henrik Lerfeld, salah satu wisatawan yang terinfeksi Corona setelah 4 hari pulang dari salah satu resor di Ischgl, Kitzloch. Tak hanya dia namun temannya yang pergi bersamanya ikut terinfeksi. Setelah itu, semakin banyak laporan kasus virus Corona dari resor ski, termasuk belasan bartender yang bekerja di sana.

Juru bicara jaksa kota Innsbruck, Hansjörg Mayr, mengkonfirmasi kepada CNN, mereka telah menerima laporan dan mengatakan polisi mulai menyelidiki kasus ini.

"Hampir semua laporan menyangkut Ishgl, sebagian besar orang dikarantina di rumah," kata Hansjörg Mayr.

"Jika Anda berada di resor ski Ischgl, Paznautal, St. Anton am Arlbeg, Solden atau Zilertal pada 5 Maret 2020 atau lebih baru dan tak lama kemudian didiagnosis terinfeksi virus Corona, maka Anda berhak mengklaim ganti rugi terhadap otoritas Tyrolean dan terhadap republik Austria. Asalkan kami dapat menghasilkan bukti kelalaian melalui laporan yang relevan dalam proses pidana," tulis VSV di situs webnya.

Dalam sebuah pernyataan kepada CNN, kantor jaksa penuntut umum telah menugaskan kantor polisi kriminal Tyrol untuk melakukan investigasi atas dugaan kelalaian yang membahayakan orang karena penyakit menular.

Ischgl dan desa-desa sekitarnya telah menarik sekitar 500.000 pengunjung setiap musim dingin, menarik tokoh-tokoh terkenal, seperti Paris Hilton, Naomi Campbell dan Bill Clinton pada tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Kementerian kesehatan Austria,Ada lebih dari 10.711 kasus virus Corona di Austria.



Simak Video "Ada Penumpang Diduga Terinfeksi Virus Corona, Austria Hentikan Kereta Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA