Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Apr 2020 17:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ekuador Kehilangan Air Terjun Terbesarnya

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Air terjun San Rafael
Air terjun San Rafael di Ekuador (Foto: NASA)
Jakarta -

Air terjun terbesar di Ekuador akan lenyap. Sebab, ada sebuah lubang yang menelan sebagian sumber airnya. Adalah air terjun San Rafael namanya. Berada di Sungai Coca, destinasi wisata ini menjadi daya tarik utama bagi negara itu.

Menurut NASA, air terjun San Rafael mampu menarik puluhan ribu orang setiap tahun. Aliran airnya jatuh 45 meter ke lubang seperti kawah di sisi sebelahnya.

Sekarang, air terjun ikonik hilang, digantikan oleh tiga aliran, kata NASA. Semua perjalanan ke destinasi air terjun San Rafael telah ditutup dan sudah tidak lagi informasi di situs resmi pariwisata negara itu.

Para ahli di Kementerian Lingkungan Hidup (MOE) di Ekuador percaya peristiwa itu terjadi pada awal Februari. Mulai hilang di hulu, dan pola aliran sungai saat ini beralih menjadi di bawah tanah.

Ekuador Kehilangan Air Terjun TerbesarnyaAir terjun San Rafael di Ekuador (Foto: NASA)

Tidak lama kemudian, para ahli di MOE mengatakan bahwa mereka telah memeriksa air terjun. Dalam laporannya, ada kemungkinan merusak aliran sungai dan mempertahankan air terjun.

Namun, mereka tidak dapat menentukan penyebab pasti hilangnya aliran sungai itu. Ada beberapa perbedaan mengenai apakah itu fenomena alam atau disebabkan oleh konstruksi hydroplant di sekitarnya.

Kementerian Pariwisata tidak berencana merekonstruksi ulang air terjun itu, kata NASA.



Simak Video "Asiknya Bermain di Air Terjun Plesteran, Pamekasan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA