Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Apr 2020 17:48 WIB

TRAVEL NEWS

Gegara Corona, KAI Daop 5 Purwokerto Ganti 18 Ribu Tiket Penumpang

Rinto Heksantoro
detikTravel
Foto dokumentasi aktivitas di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto.
Foto: Ilustrasi kereta api (Rinto Heksantoro/detikcom)
Banyumas -

Gegara corona, PT KAI Daop 5 Purwokerto harus mengganti sekitar 18.000 tiket yang dikembalikan oleh calon penumpang. Tak kurang 54 perjalanan KA dibatalkan.

"Pembatalan tiket selama bulan Maret 2020 sebanyak 17.529. Sampai kemarin, tanggal 2 April 2020 totalnya lebih kurang ada 18.954 dan yang reschedule (ubah jadwal) ada 5.295," kata Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto ketika dihubungi detikcom, Jumat (3/4/2020) sore.

Supriyanto menambahkan, pembatalan tiket tersebut untuk semua jurusan dengan tujuan mayoritas ke berbagai kota besar di Pulau Jawa. Pembatalan tiket paling banyak terjadi pada masa angkutan Lebaran.

"Ke semua jurusan, rata-rata arah Surabaya, Bandung, Jakarta," lanjutnya.


Sebelumnya, pihak PT KAI Daop 5 juga telah membatalkan sedikitnya 54 perjalanan KA. Bagi penumpang yang hendak membatalkan perjalanannya, maka tiket akan dikembalikan 100% secara tunai di stasiun keberangkatan atau stasiun lainnya.

Sedangkan penumpang yang dialihkan ke KA lainnya dan mendapatkan kelas yang sama atau lebih tinggi, tidak dikenakan penambahan bea.


Sebaliknya, jika dialihkan dan mendapat kelas yang lebih rendah, maka KAI akan memberikan pengembalian selisih bea di stasiun kedatangan, dengan batas waktu pengembalian 3 hari dari tanggal tiket.

"Saat ini rata-rata penumpang KA di wilayah Daop 5 Purwokerto ada penurunan hingga 74% dibanding tahun lalu sehingga 54 perjalanan KA dibatalkan perjalanannya," tutup Supriyanto.



Simak Video "KAI Sosialisasikan Pencegahan Penyebaran Corona di Stasiun Senen"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA