Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Apr 2020 22:09 WIB

TRAVEL NEWS

Wah! Pertama dalam 30 Tahun, Himalaya Bisa Terlihat Jelas dari India

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Untuk pertama kalinya dalam 30 tahun, puncak Himalaya terlihat di India.
Himalaya kini bisa terlihat di Jalandhar, India Foto: CNN
Jalandhar -

Wabah Corona sudah membuat polusi bumi menurun drastis. Puncak Himalaya pun kini bisa terlihat jelas dari Punjab, India. Itu jaraknya sekitar 200 km! Mengutip CNN, masyarakat India di perkotaan seperti Jalandhar dan sekitarnya biasanya tidak pernah melihat puncak Himalaya.

Mereka ramai-ramai mengunggah fenomena langka itu ke media sosial.

"Ini pertama kali dalam hampir 30 tahun, saya bisa melihat jelas Himalaya setelah India menerapkan lockdown. Lockdown membersihkan polusi udara, menakjubkan," ujar Manjit Kang.



Fenomena kemunculan Himalaya ini terjadi karena adanya peningkatan kualitas udara secara dramatis dalam beberapa minggu, setelah pabrik-pabrik tutup, mobil tak lagi berkeliaran di jalan dan pesawat tak lagi mengudara.

Di Delhi saja yang sangat polusi, level PM10-nya mengalami penurunan hampir 44 persen, padahal itu baru di hari pertama lockdown. Level PM10 menyatakan jumlah partikulat berukuran 10 mikrometer atau lebih kecil di udara.



India merupakan negara yang kota-kotanya merupakan kota yang memiliki polusi tinggi di dunia. Setidaknya dari 30 kawasan paling berpolusi di India, sekitar 20 ada di India berdasarkan data World Air Quality Report yang dirilis oleh IQAir AirVisual.

Sebelumnya PM India, Narendra Modi memerintahkan lockdown total di India selama lebih dari 2 minggu untuk mengurangi penyebaran virus Corona di India.

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA