Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Apr 2020 05:16 WIB

TRAVEL NEWS

Perjuangan Australia Selamatkan Suku Asli dari Corona

Ilustrasi anak suku Aborigin, Australia (dok. ABC)
Foto: Ilustrasi anak suku Aborigin, Australia (dok. ABC)
Darwin -

Sama seperti di Amazon, keberadaan suku-suku asli di pedalaman Australia juga terancam virus Corona. Pemerintah setempat pun berjuang agar mereka selamat.

Lajamanu, sebuah daerah terpencil di Teritori Utara Australia. Daerah ini merupakan rumah bagi orang-orang Warlpiri, salah satu suku asli yang mendiami Negeri Kangguru.

Jarak tempuhnya 11 jam naik mobil dari kota Darwin. Tempatnya yang sangat terpencil menjadikan daerah ini sangat terisolir. Tapi itu tak menjadikan daerah ini selamat dari ancaman wabah virus Corona.

"Pemerintah mengirim tenaga medis ke Lajamanu untuk menjelaskan tentang virus Corona. Di sini kami punya dokter yang bagus dan sudah tinggal di sini selama beberapa tahun. Tapi orang-orang tetap takut," ungkap Jampinjinpa Patrick, Tetua Adat Warlpiri seperti dikutip dari media Al Jazeera, Minggu (12

/4/2020).


Gara-gara ketakutan akan wabah virus Corona, satu-satunya jalan menuju perkampungan adat itu pun ditutup. Akibatnya, 600 orang yang tinggal di sana sama sekali tidak bisa berhubungan dengan dunia luar.

Selain penutupan satu-satunya jalan, di perkampungan itu sekolah juga ditutup. Demikian pula dengan art centre, yang selama ini jadi pusat berkumpul dan aktivitas warga.

"Banyak orang, terutama yang tua-tua, sedih dengan ditutupnya art centre, dimana mereka datang ke sana setiap harinya. Tapi kami tahu apa yang kami lakukan untuk tetap aman dari virus ini. Kami bahkan berpikir untuk mengevakuasi mereka ke kota terdekat. Tapi itu pasti akan sangat menyedihkan bagi mereka," imbuh Patrick.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA