Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Apr 2020 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Curhat tiket.com Saat Pandemi Corona: Rekrut Volunter, Sibuk 10 Kali Lipat

Femi Diah
detikTravel
Gaery Undarsa, direktur marketing tiket.com dan founder tiket.com
Gaery Undarsa, direktur marketing tiket.com dan founder tiket.com (dok. tiketcom)
Jakarta -

tiket.com justru sibuk bukan kepalang saat virus Corona menjadi pandemi. Aplikasi penyedia tiket itu bahkan sampai harus merekrut sukarelawan untuk melayani pelanggan.

tiket.com bergerak cepat setelah pemerintah mengumumkan adanya kasus virus Corona di Indonesia. Sesuai prediksi, tiket.com, yang melayani tiket kereta api, pesawat, hotel, bahkan tiket tontonan, kebanjiran permintaan refund dari pelanggan.

"Kami, tiket.com punya banyak PR, refund masih banyak banget. Dalam satu bulan corona outbreak, pariwisata pertama menjadi industri pertama yang terkena. Kami sibuk banget, banyak pelanggan melakukan pembatalan karena negara lockdown, juga refund karena batal bepergian," kata Gaery Undarsa, direktur marketing tiket.com dan founder tiket.com, dalam webinar dengan media, Senin (13/4/2020).

Gaery bilang penjualan di tiket.com terjun bebas hingga 75 persen sejak pekan lalu. Menghadapi situasi itu, tiket.com pun mengubah mengubah fokus bisnis dari penjualan tiket menjadi penanganan konsumen. Mereka mengalihkan hampir seluruh komponen perusahaan, dari berbagai level jabatan, untuk menangani refund.

"Selain itu, kami merekrut 100 orang volunter (karyawan tiket.com divisi lain) untuk membantu costumer care karena peningkatan hampir 10 kali lipat, lumayan geger. Sebisa mungkin customer tetap puas meskipun kami juga meminta agar mereka harus sabar," kata Gaery.

tiket.com juga membuat aplikasi mereka untuk lebih ramah bagi konsumen dalam melakukan pembatalan, mengganti jadwal, atau meminta uang kembali.

"Per hari ini sebagian besar keperluan customer kita sudah bisa dijalankan, ada beberapa yang nyangkut, nunggu dari supplier, diproses di back office. Permintaan pelanggan pasti akan diproses. Kami minta tolong agar konsumen lebih sabar," dia menambahkan.



Simak Video "Keunikan Danau Kelimutu, Ada yang Berwarna Hitam Pekat, Maumere"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA