Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Apr 2020 22:05 WIB

TRAVEL NEWS

Adek Berry Perempuan Pemotret di Garis Depan Saat Pandemi Corona

Femi Diah
detikTravel
Adek Berry
Adek Berry, fotografer perempuan Indonesia. (dok. pribadi)

Apresiasi untuk Perempuan Indonesia

"Rasanya hampir tak percaya, sekarang aku seorang istri, ibu dua anak, sekaligus fotojurnalis yang bekerja di kantor berita asing," Adek menuliskan kalimat itu dalam biografisnya Mata Lensa di halaman 331 dalam bab Perempuan Memotret.

Sekali lagi Adek dibuat tak percaya harus menjalani situasi tak biasa. Dia, seorang istri, ibu dua anak, dan jurnalis foto, dihadapkan dengan krisis besar yang menghantam dunia, lebih dasyat ketimbang Perang Dunia II; pandemi virus Corona.

Sebagai istri dan ibu, juga sebagai jurnalis foto, Adek kembali harus berada di garda terdepan kali ini. Dia sekaligus mengapresiasi perempuan yang memiliki tugas serupa lewat profesi yang berbeda-beda.

[Gambas:Instagram]



Dukungan kepada perempuan di seluruh Indonesia itu disuntikkan Adek khusus di Hari Kartini, 21 April ini. Dia bilang ini saatnya perempuan bersatu untuk negara lewat basis paling kecil, keluarga.

"Kita harus melihat secara positif, semua orang terdampak, merasa sangat sedih, secara personal itu membuat saya syok. Di tahun 2020 kita menghadapi pandemi, krisis secara global lagi sejak World War II. tapi waktu itupun perang dunia melibatkan sebagian negara, sedangkan sekarang merata ke semua negara," ujar Adek.

"Di tahun 2020 ini kita, untuk memeranginya, kembali diajarkan cuci tangan, makanan sehat, sanitasi. Nah, di situlah peran ibu dan perempuan yang dianggap penopang, justru kini yang utama. Perempuanlah yang menjamin makanan sehat untuk keluarga selama COVID-19. Ibu dan perempuanlah yang mampu menciptakan pemasukan untuk keluarga dengan amat kreatif membuat ini itu agar pemasukan tetap berjalan," ujar Adek.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA