Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Apr 2020 22:29 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Merayakan Hari Bumi Saat #dirumahsaja

Syanti Mustika
detikTravel
Valley of Lake Lungern or Lungerersee in Obwalden, Switzerland.
Ilustrasi ( Istock)
Jakarta -

Selamat Hari Bumi traveler! Nah, untuk merayakannya kamu bisa melakukan hal-hal ini saat sedang #dirumahsaja.

Tepat hari ini, sudah ke 50 perayaan Hari Bumi Sedunia. Nah, di tengah pandemi ini, kamu bisa kok melakukan banyak hal untuk mewujudkan kamu cinta bumi saat sedang #dirumahsaja.

1. Ayo berani bicara dan mulai


Tidak perlu dalam langsung skala besar dalam bicara hal tentang menjaga lingkungan. Kamu bisa mengajak keluarga atau sahabat dekatmu untuk sama-sama melangkah peduli pada bumi.

Seperti buang sampah pada tempatnya, menggunakan kantong belanja ramah lingkungan dan mengurangi pemakaian plastik untuk pribadi. Hal ini juga bisa kamu lakukan saat traveling nanti saat pandemi Corona berakhir. Tidak ada salahnya selalu sedia tote bag buat belanja kan?



2. Mengganti bola lampu

Gunakanlah bola lampu yang ramah lingkungan dan hemat energi. Ini bisa membantu mengurangi pemakaian energi karbon dioksida lho. Kamu bisa cari tau lebih jauh seperti apa lampu yang hemat energi.

3. Hemat listrik

Walau kamu sedang #dirumahsaja, matikanlah lampu atau benda-benda elektronik bila tidak diperlukan. Saat siang hari kamu bisa manfaatkan cahaya Matahari sebagai penerangan.

Bila kamu sering mandi dengan menggunakan air hangat, bisa nih mengubah kebiasaan ini. Karena saat kamu menggunakan air panas, tentu energi listrik yang terpakai lebih besar. Mandi air dingin juga enak kok.

Matikan juga perangkat elektronik seperti TV, radio, pemutar DVD, stereo dan komputer bila tidak digunakan ya.

4. Daur ulang sampah sendiri

Limbah rumah tangga juga berperan dalam meningkatkan karbon dioksida di udara lho. Kamu bisa mendaur ulang limbah rumah tangga sendiri kok. Hal ini bisa mengurangi 2.400 pounds karbon dioksida pertahunnya. Bayangkan jika satu provinsi melakukannya, dampaknya sangat besar.

5. Hemat air

Gunakanlah air seperlunya dalam keseharian, baik untuk rumah tangga maupun saat bekerja. Karena jika kamu semakin banyak memakai air, semakin banyak juga energi untuk memompa, memanaskan, dan mengolah air.

Misalnya nih saat kamu mandi, matikanlah air kran saat menggosok gigi atau sabunan. Juga bisa nih bila kamu punya uang lebih gunakanlah perlengkapan rumah tangga yang berlabel hemat energi.


6. Keringkan baju dengan menjemur

Kalau tidak terpaksa banget, jangan terlalu menggunakan pengering pakaian pada mesin cuci ya. Tahukah kamu, energi yang digunakan mesin untuk mengeringkan baju sangatlah tinggi.

Manfaatkanlah hangat cahaya matahari untuk mengeringkan baju kamu. Sederhana sih tapi sangat berperan besar dalam menghemat energi. Mumpung masih di rumah kan, sekalian berjemur untuk kesehatan.



Nah, itu serangkaian hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencintai Bumi ini. Tetap jaga kesehatan dan berdiam diri di rumah dulu ya traveler.

Selamat Hari Bumi!

























Simak Video "Tips Foto Agar Perut Tak Kelihatan Buncit"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA