Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Apr 2020 16:03 WIB

TRAVEL NEWS

Update Efek Corona ke Wisata RI per 27 April 2020

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi Corona
Foto: Ilustrasi Corona
Jakarta -

Jumlah orang yang terjangkit virus Corona di Indonesia terus bertambah. Kini, muncul 9.000 lebih orang yang positif COVID-19 di Indonesia.

detikTravel akan menyajikan live report perkembangan virus Corona dan efeknya ke pariwisata Indonesia:

27 April 2020

Jumlah kasus positif Corona

Per hari ini total ada kasus positif Corona 9.096 orang. Dari kasus positif COVID-19, sebanyak 1.151 orang telah sembuh. Angka kematian kasus positif COVID-19 menjadi total 765 orang.

Damri Hentikan Operasional Bus Bandara

Perum Damri menghentikan seluruh operasional bus Bandara Soekarno-Hatta. Hal itu merespons larangan mudik untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

Damri menyetop sementara layanannya mulai 24 Maret hingga 31 Mei 2020. "Di tengah kondisi tersebut, kami tetap mendukung upaya pemerintah memutus rantai penyebaran COVID-19 dan berharap seluruh masyarakat dapat mendukung kebijakan ini," kata Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Damri, Nico R. Saputra, seperti dikutip Antara, Senin (27/4/2020).

26 April 2020

DPR Kritik Pelatihan Online

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda mengkritisi pelatihan online yang ditawarkan pemerintah dalam kartu Pra Kerja.

"Kami memang sempat debat Kartu Pra Kerja juga dengan Pak Hariyadi (Ketum PHRI), minta yang latihannya dihapus. Terkait latihan ini masih kontroversial, semoga pemerintah bisa merevisi terkait pelatihan online ini," ujar Huda.

Secara teknis di lapangan, Komisi X DPR RI dan Kemenparekraf telah melakukan pembicaraan soal Kartu Pra Kerja ini. Komisi X DPR pun kini tengah memantau pelaksanaan dari program itu. Hanya di kalangan pelaku pariwisata, tak sedikit yang mengeluhkan soal lambatnya program tersebut.

"Di luar efektif atau tidaknya Kartu Pra Kerja, kami melihat opsi bahwa Kartu Pra Kerja jadi program sosial safety net. Delay ini terjadi di semuanya. Teman-teman yang kena PHK yang diurus Kementerian Tenaga Kerja juga sama, delay juga. Karena itu target pada tahap awal yang terverifikasi sampai 1 juta. Kabar terakhir baru 200 ribu yang dapat dari target 1,5 juta di tahap pertama. Di bidang utama dari mas Teten dapat kendala yang sama," ujar Huda.

Huda pun menyadari kekurangan dari pelaksanaan program Kartu Pra Kerja di lapangan, khususnya untuk teman-teman di industri pariwisata. Ia pun berharap ada progress yang baik ke depannya.

"Ini bukan dalam rangka membenarkan delay ini, tapi kita berharap ada progress lebih baik untuk minggu-minggu ini supaya data yang dikumpulkan teman-teman ASITA dan mungkin teman-teman lain yang belum memberikan data pekerja yang dirumahkan karena COVID-19 ini bisa didorong lagi dengan bantuan khusus kuota bagi Kemenparekraf," terang Huda.

Update Jumlah kasus positif Corona

Per hari ini total ada 8.882 kasus positif Corona. Dari 8.882 kasus positif COVID-19, sebanyak 1.107 orang telah sembuh dari penyakit akibat virus Corona itu. Jumlah orang yang sembuh bertambah 65 orang dalam sehari.

Angka kematian kasus positif COVID-19 bertambah 23 orang. Kini ada 743 orang berkasus positif COVID-19 yang telah meninggal dunia. Kasus-kasus COVID-19 tersebut tersebar di 34 provinsi dan 283 kabupaten/kota.

25 April 2020

DPR Minta Pemerintah Serius Garap Parawisata Usai Corona Mereda

Pemerintah pusat diminta lebih serius menggarap pariwisata Indonesia setelah pandemi virus Corona berakhir. Komisi X DPR RI menilai selama ini ada yang belum tergarap.

Dalam Webinar Bincang Bisnis Asita, Sabtu (25/4/2020), turut hadir Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, yang mengurus bidang pendidikan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga. Dalam sesi online itu, Huda menjelaskan tugas Komisi X DPR RI beserta fungsinya dalam mendukung industri pariwisata di Indonesia.

Huda bilang pergerakan pengembangan pariwisata Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dinilai lamban ketimbang kementerian lain. Itu dinilai dari anggaran Kemenparekraf yang cuma masuk dalam kluster empat, padahal pariwisata mendatangkan devisa cukup besar bagi Indonesia.

Ia pun berharap agar pemerintah bisa bekerja lebih gesit. Komisi X DPR RI pun siap membantu, terutama dalam soal revisi undang-undang pariwisata.

Garuda Tak Layani Penumpang di Bandara Ini

Garuda Indonesia menghentikan rute-rute penerbangan domestik yang terhubung dengan wilayah berstatus PSBB dan zona merah penyebaran virus Corona. Itu untuk memutus rantai COVID-19.

Garuda Indonesia merujuk kebijakan pemerintah melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19. Permenhub itu memang melarang sementara penerbangan di dalam negeri melalui bandara dari dan ke wilayah yang ditetapkan sebagai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan/atau zona merah penyebaran virus Corona mulai 24 April hingga tanggal 31 Mei 2020.

"Mempertimbangkan masa sosialisasi atas implementasi kebijakan tersebut maka khusus pada hari Jumat, (24/4) hingga pukul 23.59 waktu setempat, layanan penerbangan domestik maupun rute penerbangan yang masuk dalam ketentuan tersebut masih akan beroperasi dengan pengawasan penuh aparatur kebandarudaraan setempat," begitulah pengumuman Garuda lewat situs resmi.

"Dengan demikian, mulai Sabtu (25/4) pukul 00.00 waktu setempat, rute-rute penerbangan domestik Garuda Indonesia yang terhubung dengan wilayah berstatus PSBB dan zona merah penyebaran Covid 19 untuk sementara waktu tidak beroperasi."

"Melalui penyesuaian layanan operasional penerbangan tersebut, Garuda Indonesia masih akan melayani penerbangan ke rute-rute penerbangan yang dikecualikan dalam peraturan menteri tersebut, termasuk rute penerbangan domestik dan rute internasional yang tidak terhubung langsung dengan wilayah yang berstatus PSBB maupun wilayah zona merah penyebaran COVID-19".

Hingga Jumat siang, (24/4), terdapat delapan wilayah PSBB yang termasuk dalam layanan operasional penerbangan Garuda Indonesia. Yakni, Jakarta, Surabaya, Bandung, Pekanbaru, Makassar, Sumatera Barat, Banjarmasin, dan Tarakan.

Agen Perjalanan Setop Jual Tiket Pesawat


Agen perjalanan online menutup penjualan tiket pesawat setelah Kementerian Perhubungan melarang mudik untuk memutus randai penyebaran virus Corona. Begitu pula situs maskapai.

Dari pantauan detikTravel, Sabtu (25/4/2020), Traveloka tidak menawarkan satu maskapai penerbangan mulai Jumat (24/4) hingga 31 Mei. Layar aplikasi Traveloka memuat keterangan bahwa penerbangan tidak tersedia, silakan coba tanggal lain atau ganti pencarian Anda.

Jadwal terbang itu tak tersedia pada periode 24 April-31 Mei. Itu berlaku untuk penerbangan domestik maupun luar negeri.

Langkah serupa dibuat oleh Tiket.com dan Pegipegi. Kedua aplikasi pemesanan tiket itu tidak menawarkan tiket perjalanan domestik maupun luar negeri.

Jumlah Pasien Positif 8.607 Orang

Angka positif COVID-19 bertambah 396 kasus, sehingga kini menjadi 8.607 kasus. Angka kesembuhan bertambah 40 kasus sehingga kini menjadi 1.042 orang yang sembuh dari COVID-19. Angka kematian bertambah 31 orang, sehingga total menjadi 720 orang positif COVID-19 yang meninggal dunia.

24 April 2020

Wagub Bali: Sektor Usaha Bali Lumpuh

Bali hidup dari sektor pariwisata. Adanya pandemi Corona membuat Bali lumpuh di semua sektor usaha.

"Yang paling terdampak Bali. Dari semua bencana erupsi Gunung Agung sampai Bom Bali, Corona yang paling parah," ujar Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dalam acara MarkPlus Industry Roundtable Sektor Pariwisata yang disiarkan secara virtual, Jumat (24/4/2020).

Menurutnya, ini adalah fase darurat. Hasil pertanian yang biasanya diserap oleh hotel kini tak ada lagi.

"Seluruh sektor usaha di Bali lumpuh. Saking begitu hebatnya (dampak Corona), tidak semua punya cash untuk melanjutkan usahanya. Kita tidak bisa berdiam diri, khususnya di pariwisata. Hotel diharapkan tidak melakukan PHK," ungkapnya.

Citilink Hentikan Sementara Penerbangan Domestik

Maskapai Citilink menghentikan untuk sementara seluruh penerbangan reguler dan charter rute domestik mulai 24 April 2020 pukul 10.00 WIB sampai 31 Mei 2020.

Keputusan ini juga ditetapkan berdasarkan hasil koordinasi secara intensif bersama stakeholders setempat serta mempertimbangkan pergerakan rotasi pesawat agar proses pemberhentian penerbangan sementara ini dapat berjalan secara kondusif dengan menyesuaikan kondisi saat ini.

"Pemberhentian sementara ini dilakukan sebagai bentuk dukungan penuh maskapai terhadap upaya Pemerintah Indonesia dalam pencegahan penyebaran COVID-19," kata Direktur Utama Citilink Juliandra di Cengkareng, Jumat (24/4/2020).

30 Ribu Pekerja Wisata di Jateng-Yogya Terancam Hilang Mata Pencaharian

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang terhantam dampak virus Corona dengan sangat keras. Dampaknya, kini ada 30 ribu tenaga kerja di bidang pariwisata Jawa Tengah dan Yogyakarta terancam kehilangan pekerjaan.

Dirut Badan Otorita Borobudur Indah Juanita mengakui memang benar industri pariwisata sangat terpukul dengan adanya Corona.

"Saat ini, pada masa tanggap darurat kami merasa terpukul sekali ini adalah kasus besar. Di DIY dan Jateng tenaga kerja di pariwisata itu udah 30 ribu terancam tak punya pekerjaan, ini banyak tenaga kerja yang butuh bantuan," kata Indah dalam diskusi online Industry Roundtable Markplus, Jumat (24/4/2020).

Wisata Bali Turun 93 Persen

Gara-gara Corona, sektor pariwisata di Bali mengalami penurunan hingga 93% dibandingkan tahun lalu, dengan sektor yang paling menderita adalah wisata bahari.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana menyebut pariwisata Bali mengalami penurunan hingga 93% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Dari data, bulan Januari 2020 kita sebenarnya ada growth 11% dibandingkan bulan Januari 2019. Bulan Februari 2020, ada penurunan 18% karena China lockdown. Bulan Maret 2020, ada penurunan 42% dibanding tahun lalu karena Eropa sudah tutup. Di bulan April, penurunannya mencapai 93%," ungkap pria yang akrab dipanggil Gus Agung itu dalam acara MarkPlus Industry Roundtable Sektor Pariwisata, Jumat (24/4/2020).

PELNI Tak Layani Penumpang Sampai 8 Juni

PT PELNI (Persero) tak menyediakan tiket untuk penumpang setelah pemerintah RI melarang mudik. PELNI tak menjual tiket mulai hari ini hingga 8 Juni 2020.

Sesuai dengan keputusan Kementerian Perhubungan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19, mudik dilarang. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mencegah mudik adalah dengan menyetop operasional transportasi darat, laut, dan udara.

Khusus untuk transportasi laut tidak akan melayani penumpang karena virus Corona hingga dua pekan usai lebaran. Tepatnya, mulai 24 April hingga 8 Juni.

Jumlah Kasus Positif

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia mencapai angka 8.211 orang. Data itu diakumulasi per pukul 12.00 WIB.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 436 orang, sehingga totalnya menjadi 8.211 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan wabah Virus Corona, dr Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan saluran YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (24/4/2020).

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh dari virus Corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 42 orang menjadi 1.002 orang. Untuk pasien yang meninggal bertambah 42 orang sehingga total yang meninggal 686 orang.

Angkasa Pura Tutup Bandara

Angkasa Pura Airports menghentikan sementara layanan terhadap penerbangan komersial penumpang pada 15 bandara kelolaannya mulai Jumat 24 April 2020 hingga 1 Juni 2020. Hal ini dilakukan untuk mendukung aturan Pemerintah Republik Indonesia mengenai larangan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun bandara-bandara Angkasa Pura Airports akan tetap beroperasi untuk melayani penerbangan kargo atau penerbangan yang mengangkut logistik.

Pesawat Dilarang Terbang, Tidak Ada Reservasi Hari Ini

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang penerbangan domestik atau luar negeri di Indonesia mulai 24 April 2020. Mulai hari ini tidak ada reservasi yang baru, meski begitu hari ini masih ada penerbangan yang dikecualikan.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Covid-19, Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa penerbangan penumpang domestik masih diizinkan beroperasi sampai dengan hari ini, Jumat (24/4/2020), untuk melaksanakan kewajiban operator penerbangan melayani penumpang dengan reservasi lama, dan mulai hari ini tidak ada lagi reservasi baru.

Permenhub nomor 25 Tahun 2020 telah ditetapkan pada tanggal 23 April 2020 sebagai tindak lanjut dari kebijakan Presiden Joko Widodo untuk melarang mudik pada tahun ini guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Mengingat karasteristik moda udara yang spesifik, kepada operator penerbangan diberikan kesempatan untuk melaksanakan kewajibannya kepada penumpang sampai dengan hari ini dengan reservasi lama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19. Mulai hari ini tidak ada reservasi baru," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Jakarta, Jumat (24/4/2020).

23 April 2020

Lebih dari 7.000 Pekerja Wisata Arung Jeram Dirumahkan

Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) menyebut ribuan karyawan di industri wisata arung jeram telah dirumahkan. Sebab, tak ada lagi wisatawan di tengah masa pandemi virus Corona.

"Perkiraan kami sekitar 7.804 karyawan (dirumahkan) berdasarkan survei online terhadap 50 operator dari 16 provinsi," kata Ketua FAJI, Amalia Yunita, ketika dihubungi detikcom.

Bantuan Paket Sembako untuk Pedagang di Obyek Wisata

Wakil Bupati Kebumen Arif Sugianto bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) membagikan ratusan paket sembako kepada pedagang di obyek wisata Kebumen, Jawa Tengah. Bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian akibat tutupnya obyek wisata karena pandemi virus Corona.

Didampingi oleh Forkopimda Kebumen dan Ketua DPC Hiswana Migas Kebumen, Ir Saat Rachmana, Wakil Bupati Kebumen yang sekaligus Wakil Gugus Tugas Penanganan COVID-19, H Arif Sugiyanto SH mendistribusikan 672 paket sembako kepada para pedagang di obwis Kebumen,

Jumlah Kasus Positif Jadi 7.775 Orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia mencapai angka hari ini 7.775 positif. Data itu diakumulasi per pukul 12.00 WIB.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 357 orang, sehingga totalnya menjadi 7.775 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan wabah Virus Corona, dr Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan saluran YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (23/4/2020).

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh dari virus Corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 47 orang menjadi 960 orang. Untuk pasien yang meninggal bertambah 11 orang menjadi total 647 pasien.



22 April 2020

Jumlah Kasus Positif Jadi 7.418 Orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia mencapai angka 7.418 hari ini. Data itu diakumulasi per pukul 12.00 WIB.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 283, sehingga totalnya menjadi 7.418 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan wabah Virus Corona, dr Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan saluran YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (22/4/2020).

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh dari virus Corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 71, sehingga total menjadi 913 orang. Untuk pasien yang meninggal ada tambahan 19 orang sehingga akumulasinya menjadi total 635 pasien.


Garuda Siapkan Strategi Hadapi Corona

Garuda Indonesia memprediksi kondisi industri penerbangan akan semakin parah di bulan Mei-Juni mendatang akibat momen high season di mana penerbangan biasanya padat, namun masih diiringi pandemi virus Corona. Perseroan juga memprediksi tak akan ada penerbangan haji tahun 2020 ini.

Dalam menjaga keberlangsungan perusahaan, terdapat 2 aspek penting yakni keuangan dan operasional. Untuk aspek keuangan, Manajemen menyatakan cash flow merupakan hal yang paling penting untuk menjaga going concern Perusahaan.

"Garuda Indonesia mempunyai dua kategori biaya yang sangat berpengaruh terhadap pengeluaran kas yaitu biaya tetap yang meliputi biaya sewa pesawat, pegawai, administrasi kantor pusat dan kantor cabang, serta biaya variabel penerbangan yang meliputi biaya bahan bakar, kestasiunan, catering, navigasi dan tunjangan terbang bagi awak pesawat," tulis Manajemen Garuda yang dikutip detikcom, Rabu (22/4/2020).


Estimasi Kerugian di Sektor Wisata DIY Hampir Rp 81 Miliar

Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY menyebut estimasi kerugian sektor pariwisata di DIY hampir menyentuh angka Rp 81 Miliar. Angka tersebut berasal dari pendataan Dinpar yang dimulai sejak bulan Maret hingga tanggal 16 April.

21 April 2020

Magelang Tutup Lapangan Drh Soepardi

Pemkab Magelang menutup sementara fasilitas umum Lapangan Drh Soepardi yang berada di Sawitan, Mungkid, dari segala aktivitas. Penutupan sementara ini guna mencegah dan mengurangi risiko penyebaran COVID-19.

Penutupan sementara yang berlaku mulai hari ini, Senin (21/4) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Adapun di jalan masuk menuju Lapangan drh Soepardi dipasang spanduk warna merah dengan tulisan warna putih. Spanduk ini sebagai pengumuman perihal penutupan sementara.

Puluhan Ribu Pekerja Dirumahkan di Yogya

Mewabahnya COVID-19 berdampak pada lesunya sektor pariwisata, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada puluhan ribu tenaga kerja yang terdampak, 15 ribu dirumahkan dan 76 di-PHK.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan pendataan terhadap 15 jenis usaha pariwisata. Dari pendataan tersebut terkumpul 776 usaha jasa pariwisata baik dalam bentuk formal maupun informal yang terdampak wabah COVID-19.

"Kalau dari tenaga kerja yang terdampak, dari 776 jasa usaha itu ada 29.463 tenaga kerja yang terdampak, itu se-DIY. Terus untuk yang dirumahkan itu separuhnya, jadi sekitar 15 ribu pekerja," katanya kepada detikcom, Selasa (21/4/2020).

Candi Borobudur Cs Tutup Lebih Lama

Penutupan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko diperpanjang. Penutupan kembali dilakukan mulai 22 April- 13 Mei 2020.

Untuk destinasi wisata yang pengelolaannya oleh TWC meliputi Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Kemudian, ada Pentas Sendratari Ramayana. Untuk itu, diperpanjang lagi penutupan sementara yang terhitung mulai 22 April hingga 13 Mei 2020. Penutupan sementara ini untuk membantu pemerintah dalam fokus memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19.

Kasus Positif Corona Jadi 7.000 Orang Lebih

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia per 21 April 2020 pukul 12.00 WIB mencapai 7.135 orang. Hingga hari ini, total pasien sembuh Corona mencapai angka 842 orang. Seluruh provinsi sudah terdampak.

Jokowi Larang Mudik!

Presiden Joko Widodo menyatakan akan melarang mudik Lebaran pada hari raya Idul Fitri 1441 H bagi semua warga. Sebelumnya, Jokowi hanya melarang mudik untuk aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN, dan TNI-Polri.

"Mudik semuanya akan kita larang," ujar Jokowi membuka ratas di Istana Presiden yang disiarkan langsung lewat akun YouTube Setpres, Selasa (21/4/2020).

Jokowi meminta hal-hal yang berkaitan dengan itu segera disiapkan.

[Gambas:Video 20detik]




Indonesia Kehilangan Rp 140 Triliun

Meski baru 3 bulan mewabah di Indonesia, namun dampak Corona begitu terasa dalam pariwisata. Kehilangan devisa pun harus direlakan.

"Terkait angka kerugian, devisa dari sektor wisata tahun ini diperkirakan hilang sampai separuhnya dari tahun lalu. Hal ini dikarenakan kunjungan wisman yang juga menurun. Untuk angka kerugian pasti, sedang dihitung," ujar Agustini Rahayu, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kepada detikcom.

Jadi jika tahun lalu devisa dari wisata mencapai Rp 280 triliun maka tahun ini devisa hanya Rp 140 triliun saja.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA