Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Mei 2020 16:17 WIB

TRAVEL NEWS

Masjid Ottawa Diizinkan Kumandangkan Adzan Maghrib Saat Ramadhan

Femi Diah
detikTravel
Alexandra Bridge between Ottawa, Ontario and Gatineau, Quebec
Ilustraasi Ottawa (Thinkstock)
Ottawa -

Pandemi virus Corona berimbas kepada aktivitas jamaah di masjid di Ottawa, Kanada. Masjid pun diizinkan untuk mengumandangkan adzan salat Magrib setiap hari.

Izin itu diberikan karena virus Corona menjadi penghalang jamaah untuk berkumpul di masjid. Seluruh kota menerapkan jaga jarak.

"Muslim memiliki keterikatan emosional dengan masjid," kata Luqman Ahmed, seorang imam muslim Ahmadiyah di Ottawa, seperti dikutip CBC.

"Kebijakan itu akan mengembalikan kegembiraan, yang biasanya kami rasakan di masjid-masjid saat kami berkumpul bersama," dia menambahkan.

Bahkan, biasanya di bulan Ramadhan menghadirkan lebih banyak aktivitas di masjid. Termasuk, buka bersama dan sholat tarawih.

Tapi, pandemi virus Corona telah menghentikan aktivitas itu. Dengan adanya adzan untuk sholat magrib, muslim di Ottawa lebih mudah menandai waktu salat dan berdoa. Kebijakan itu berlaku sejak awal Ramadhan hingga 23 Mei.

"Adzan memiliki pesan yang sangat sederhana dan ini membuat umat Islam diingatkan akan doa harian mereka," kata Ahmed.

"Pada dasarnya, ini mengingatkan umat Islam bahwa Tuhan harus menjadi prioritas tertinggi dalam hidup mereka," dia menjelaskan.

Tapi, tak semua masjid mengumandangkan adzan dengan pelantang suara. Ahmed bilang masjidnya, Masjid Baitun Naseer di Cumberland, tidak menyiarkan adzan karena "sepenuhnya opsional,". Mereka juga khawatir adanya potensi mengganggu warga nonmuslim.

Selama Ramadhan di saat pandemi virus Corona, Ahmed aktif mengikuti aktivitas bulan suci secara online. Dia men-download situs yang disebut Ramadhan Virtual.

Selain Ottawa, azan dengan volume tinggi juga diizinkan di Toronto dan Mississauga, Ontario.



Simak Video "Sah! Idul Fitri 1441 H Jatuh Pada 24 Mei 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA