Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Mei 2020 07:31 WIB

TRAVEL NEWS

Siap-siap Melihat Super Flower Moon, Supermoon Terakhir di Tahun 2020

Putu Intan
detikTravel
Fenomena alam supermoon terlihat di beberapa negara di dunia. Penasaran seperti apa penampakannya?
Ilustrasi Supermoon (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Fenomena Supermoon terakhir tahun ini, yakni Super Flower Moon, muncul pekan ini. Sebagai bekal, simak profilnya berikut ini.

Traveler yang bulan lalu tak sempat menyaksikan Super Pink Moon, tak perlu berkecil hati karena kalian masih memiliki kesempatan melihat Supermoon keempat sekaligus terakhir di tahun 2020. Namanya adalah Super Flower Moon yang akan muncul pada Kamis (7/5/2020).

Dilansir dari The Sun, Minggu (3/5/2020) Supermoon bulan ini disebut Super Flower Moon karena bertepatan dengan musim semi dimana bunga bermekaran. Supermoon di bulan Mei juga punya julukan lain seperti Bulan Tanam Jagung (Corn Planting Moon) dan Bulan Susu (Milk Moon).

Sementara itu menurut Forbes, Supermoon adalah fenomena ketika bulan penuh berada di titik terdekat dengan bumi pada orbitnya. Meskipun efek yang ditimbulkan tak terlalu signifikan, bulan tampak lebih besar dan lebih cerah di langit.

Waktu terbaik untuk melihat Supermoon ini adalah ketika posisi bulan dekat dengan cakrawala, yaitu pukul 10.45 am UTC atau 17.45 WIB. Bulan akan tampak lebih besar pada jam tersebut karena mulai muncul di antara bangunan, pepohonan, atau pegunungan. Kemudian pada saat itu, mata kita akan melihat bulan dari bagian tertebal dari atmosfer bumi sehingga warnanya akan terlihat oranye tua dan menjadi kuning pucat pada saat matahari terbenam.

Bagi traveler yang ingin melihat Super Flower Moon, ada sejumlah tips yang dapat diikuti. Berikut rinciannya:

1. Pastikan waktu yang tepat ketika bulan mulai terbit dan saat bulan terbit pada 7 Mei 2020, sesuai dengan tempat tinggalmu.

2. Tengok ke arah barat untuk melihat bulan penuh yang bersiap terbit, yakni mendekati waktu matahari terbit. Kemudian, tengok ke arah timur untuk melihat bulan penuh terbit yang terjadi saat matahari terbenam.

3. Sabar karena untuk melihat Super Flower Moon ini tak bisa diprediksi secara persis, cuma kira-kira.

4. Momen 15 menit. Traveler juga perlu melihatnya dari lokasi yang tepat dan tetap tinggal di sana selama 15 menit. Semoga saja langit dalam kondisi cerah agar bulan terlihat jelas.



Simak Video "Melihat Fenomena Supermoon dari Hasil Jepretan Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA